Persiapan Penting Dalam Wawancara Kerja

By | Juni 21, 2019

Fachri Aja, Persiapan Penting Dalam Wawancara Kerja | Apakah Anda tahu tentang persiapan penting dalam wawancara?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang persiapan penting dalam wawancara kerja. Hal yang harus diperhatikan sebelum wawancara pekerjaan merupakan salah satu bagian yang terpenting dari sebuah poses perekrutan kerja. Pada tahap ini, kepribadian seseorang akan dinilai. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai persiapan penting dalam wawancara secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Lakukan Persiapan Penting Sebelum Wawancara Kerja Agar Bisa Diterima

Persiapan Penting Dalam Wawancara

Persiapan Penting Dalam Wawancara

Wawancara kerja saat ini merupakan salah satu cara yang sangat populer sebagai salah satu metode untuk menyeleksi karyawan. Bagi perusahaan-perusahaan kecil dan menengah wawancara kerja seringkali merupakan metode yang paling diandalkan, mengingat biaya yang dikeluarkan relatif murah dan user/atasan dapat langsung bertatap muka dengan si pelamar.

Simak Juga: 4 Contoh CV Lewat Email Menarik

Bahkan pada jabatan tertentu wawancara kerja bisa dilakukan berkali-kali, sebelum kandidat karyawan diputuskan untuk diterima bekerja. Sementara bagi para pencari kerja, wawancara kerja mungkin sudah dianggap sebagai “menu sehari-hari” yang harus dilalui sebelum resmi diterima bekerja.

“Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras dan mau belajar dari kegagalan” (General Collin Power)

Anehnya, meskipun sudah memahami betul bahwa wawancara merupakan suatu hal yang biasa dilalui dalam melamar pekerjaan, banyak sekali para pelamar yang tidak siap untuk menghadapi wawancara kerja. Tidak jarang mereka merasa langsung gugup bahkan patah semangat ketika dipanggil untuk wawancara.

Kami melihat seringkali banyak yang gagal meskipun diakui bahwa pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh recruiter (petugas rekrutmen & seleksi) relatif sama antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain tempat mereka melamar pekerjaan.

Ada juga berkali-kali selalu lolos dari semua metode seleksi yang lain (test tertulis, psiko test, dan test ketrampilan) tetapi tetap gagal ketika wawancara. Apa penyebabnya? Jawabannya adalah karena kurangnya persiapan wawancara kerja dan perencanaan yang baik.

“Gagal untuk mempersiapkan adalah mempersiapkan kegagalan”
(Mike Murdock)

Persiapan sebelum interview dan perencanaan tak bisa dipandang sebelah mata. Di saat ketika wawancara kita sudah harus menyiapkan dan merencanakannya sebelumnya dengan matang. Maka dari itu Anda sudah memenangkan separuh pertandingan. Sisanya tergantung bagaimana Anda melakukan segala sesuatu yang sudah dipersiapkan itu dengan baik.

Apakah tujuan melakukan wawancara ?

Persiapan Penting Dalam Wawancara Kerja

Persiapan Penting Dalam Wawancara Kerja

Kemampuan dan keterampilan wawancara kerja saat ini merupakan salah satu aspek penting dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Meskipun validitas wawancara dianggap lebih rendah jika dibandingkan dengan metode seleksi yang lain seperti psiko test.

Namun wawancara memiliki berbagai kelebihan yang memudahkan petugas seleksi dalam menggunakannya. Apapun penilaian pelamar (kandidat karyawan), kegunaan interview sebenarnya memberikan suatu kesempatan atau peluang bagi pelamar untuk mengubah lowongan kerja menjadi penawaran kerja.

Mengingat bahwa wawancara kerja tersebut merupakan suatu proses pencarian pekerjaan yang memungkinkan pelamar untuk memperoleh akses langsung ke perusahaan (pemberi kerja), maka penampilan wawancara kerja merupakan suatu hal yang sangat krusial dalam menentukan apakah pelamar akan diterima atau ditolak.

Bagi si pelamar, saat wawancara memberikan kesempatan kepadanya untuk menjelaskan secara langsung pengalaman, pengetahuan, ketrampilan, dan berbagai faktor lainnya yang berguna untuk meyakinkan perusahaan bahwa dia layak (qualified) untuk melakukan pekerjaan (memegang jabatan) yang ditawarkan.

Selain itu wawancara kerja juga memungkinkan pelamar untuk menunjukkan kemampuan interpersonal, professional, dan gaya hidup atau kepribadian pelamar. Jika di dalam CV (Curriculum Vitae) pelamar hanya bisa mengklaim bahwa dirinya memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik, maka dalam wawancara dia diberi kesempatan untuk membuktikannya.

Bagi perusahaan, wawancara kerja merupakan salah satu cara untuk menemukan kecocokan antara karakteristik pelamar dengan dengan persyaratan jabatan yang harus dimiliki pelamar tersebut untuk memegang jabatan / pekerjaan yang ditawarkan.

Secara umum tujuan dari wawancara kerja adalah:

  1. Untuk mengetahui kepribadian pelamar
  2. Mencari informasi relevan yang dituntut dalam persyaratan jabatan
  3. Mendapatkan informasi tambahan yang diperlukan bagi jabatan dan perusahaan
  4. Membantu perusahaan untuk mengidentifikasi pelamar-pelamar yang layak untuk diberikan penawaran kerja.

Baca Juga: 4 Hal Yang Dilakukan Sehabis Interview Kerja

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Persiapan Penting Dalam Wawancara Kerja, dimana Wawancara kerja biasanya dianggap sebagai sebuah hal yang menakutkan untuk para pencari kerja, karena dianggap sulit. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *