[Corona] 5 Cara Mempertahankan Usaha Agar Tetap Lancar

By | Maret 27, 2020
0
(0)

Fachri Aja, 5 Cara Mempertahankan Usaha Agar Tetap Lancar dan Bisa Bertahan | Apakah Anda tahu tentang cara mempertahankan usaha agar tetap lancar ?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara mempertahankan usaha agar tetap lancar dan masih bertahan. Virus corona yang kian hari kian membuat kita merasa cemas nyatanya juga memberikan dampak pula pada sektor perekonomian, termasuk bisnis. Namun, Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya tentang Solusi Bingung Cari Kerja. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai cara mempertahankan usaha agar tetap lancar secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Cara Mempertahankan Usaha Agar Tetap Lancar dan Bisa Bertahan

perusahaan di tengah corona

Perusahaan di Tengah Corona

Di antara bisnis yang mengalami dampak yang signifikan terjadi pada F&B, Ritel, dan Servis, serta yang paling terkena dampak yakni bisnis F&B. Semenjak ada arahan dari Presiden Joko Widodo untuk harus ada di rumah untuk bisa memutus penyebaran virus corona ini.

Oleh karena itu hal tersebut sudah menjadi resiko dan tantangan tersendiri bagi para pemilik bisnis agar bisa menemukan cara mempertahankan usaha agar tetap lancar dan tetap bisa bertahan di tengah krisis. Maka dari itu kami akan berikan tips agar usaha Anda masih lancar dan bertahan saat wabah corona.

1.  Sarankan pelanggan Anda dengan mobile payment

Cara mempertahankan usaha agar tetap lancar yang pertama yaitu para pemiliki bisnis saat ini bisa menggunakan pembayaran untuk pelanggan dengan mobile payment. Dengan begitu Anda bisa meminimalisir resiko karena adanya dampak wabah tersebut. Tetapi ada hal yang perlu Anda ingat ketika mobile payment, yaitu pilih alat atau aplikasi yang bisa menerima semua jenis pembayaran.

Mulai dari gopay, OVO,Dana, Akulaku, Kredivo, dll. Ada beberapa manfaat penting yang bisa Anda dapat dengan menggunakan mobile payment yaitu:

  1. Lebih aman
  2. Transaksi lebih cepat untuk diproses
  3. Dapat mengetahui perilaku pelanggan dengan lebih mudah
  4. Membuat usaha terlihat modern dan meja kasir Anda pun bisa lebih rapi
  5. Memberi kemudahan dan kenyaman pada customer

2.  Komitmen kepada pelanggan Anda

Disaat virus corona ini mulai menyebar secara luas. Sangatlah tepat untuk Anda sebagai pemilik bisnis untuk meningkatkan kembali kepercayaan pelanggan. Yakinkan kepada customer Adna jika usaha Anda berkomitmen untuk selalu memberikan pelyanan dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

Kami akan berikan contohnya, misal jika usaha Anda di bidang F&B yang mempunyai restoran sehingga dalam kondisi saat ini customer tidak bisa datang secara langsung. Anda bisa menggunakan jasa Gofood ataupun Grabfood. Jadi, dengan meningkatkan pelayanan dan kualitas produk, customer akan tahu bahwa jika usaha Anda masih menjamin kualitas dan masih memberikan pelayanan yang diberikan.

3. Tawarkan bantuan atau insentif kepada pelanggan Anda

Anda sebagai pemilik bisnis pasti ingin bisnis Anda masih bertahan dan tahu bagaimana dalam kondisi wabah corona seperti saat ini. Nah, disini kami menyarankan untuk Anda menawarkan bantuan atau insentif atas pembatalan ataupun pengiriman yang terlambat.

Berikut ada beberapa contoh yang bisa Anda terapkan yaitu yang pertama Anda bisa menyertakan compliment voucher berupa potongan harga untuk produk tertentu dan gratis ongkir bagi pelanggan yang membeli produk selanjutnya.

4. Tetap berkomunikasi dengan customer Anda

Strategi selanjutnya yang bisa Anda coba kali ini Anda harus memikirkan strategi komunikasi yang tepat ketika berhadapan dengan customer. Ada beberapa perusahaan yang mengubah jadwal CS (Customer Service) untuk sekedar memperpanjang atau mengurangi jam operasional.

Apabila ada perubahan jadwwal buka pada bisnis Anda, coba Anda infokan dengan detail kepada customer Anda, baik itu melalui sosial media, email, atau yang lainnya. Berikutnya, pastikan Anda juga mengetahui feedback yang diberikan customer terkait usaha Anda saat ini. Lalu, berikan bantuan dan solusi terbaik untuk customer Anda.

5. Strategi Customer Relationship Management (CRM)

Yang terakhir, jika Anda sebagai pemilik bisnis pernahkah Anda menerapkan strategi fitur Customer Relationship Management?. Jika Anda belum pernah, Anda bisa menerapkan strategi CRM ini sebagai jembatan strategis antara strategi pemasaran dan teknologi informasi.

Dengan CRM, memiliki manfaat bisa menjalin hubungan dengan pelanggan demi mempertahankan bisnis Anda dalam kondisi wabah corona seperti ini. Manfaat lain dari CRM ini yakni.

  1. Dapat merespon kebutuhan pelanggan secara cepat dan tangap
  2. Dapat berinteraksi dengan customer dan bisa menelusuri kebutuhan customer
  3. Menyebar informasi secara cepat dan banyak kepada seluruh pelanggan Anda

Disini juga Anda bisa menginformasikan soal kebijakan merchant terkait virus corona, promo, ataupun Anda bisa mengajak customer Anda agar bisa memesan makanan dan minuman melalui Gofood dan Grabfood, dibanding dine in.

Baca Juga: [Corona] 5 Ide Ruangan Kerja Minimalis di Rumah

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Cara Mempertahankan Usaha Agar Tetap Lancar dan Bisa Bertahan, Itulah dia 5 cara agar bisnis tetap lancar dan bisa bertahan saat wabah corona. Jadi, Anda sebagai pemilik bisnis bisa membuat pelanggan akan merasa loyal dan diuntungkan karena transaksi yang cepat.. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bisnis berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *