5 Cara Menangani Ketidakpuasan Pelanggan Dengan Baik

By | April 13, 2019

Fachri Aja, 5 Cara Menangani Ketidakpuasan Pelanggan Dengan Baik | Pada Artikel yang Anda baca kali ini dengan judul cara menangani ketidakpuasan pelanggan, kami telah mempersiapkan artikel tentang cara menangani ketidakpuasan pelanggan atau customer dengan baik untuk Anda baca dan ambil informasi didalamnya. Baik itu dalam bisnis online maupun offline, komplain pelanggan merupakan salah satu hal yang wajar terjadi. Jangankan Anda yang baru memulai bisnis kecil dan masih berumur muda, perusahaan yang sudah besar dan tua pun kerap menerima komplain atau keluhan dari pelanggan. Mudah-mudahan isi postingan cara menangani ketidakpuasan pelanggan yang kami tulis ini dapat Anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Cara Menghandle Komplain Customer Dengan Baik Dalam Pelayanan Prima

cara menangani keluhan pelanggan dengan baik

cara menangani keluhan pelanggan dengan baik

Prosedur penanganan komplain dalam bisnis perdagangan baik online maupun offline, adanya komplain dengan pembeli adalah suatu hal yang tidak bisa di hindari. Maka untuk menghadapinya Anda harus tau bagaimana bersikap, cara menangani dan mencari solusi dalam menghadapi komplain dari pembeli.

Maka dari itu, ketika Anda berperan sebagai customer service yang melayani pembeli usahakan Anda paham bagaimana cara menghadapi dan menangani komplain dari pelanggan Anda, sehingga pelanggan Anda akan tetap loyal pada Anda dan bisnis Anda pun akan tetap bisa berjalan dengan baik.

Agar Anda tahu cara menghandle customer serta dapat menangani komplain dari pelanggan Anda dengan baik maka ada sejumlah hal yang perlu Anda pahami dalam menangani komplain pelanggan Anda yaitu sebagai berikut.

1. Memahami dan mendengarkan dengan baik

Ketika pelanggan Anda mulai menunjukkan keluhannya, maka Anda harus bersabar mendengarkannya dengan baik dan memahami keluhannya. Jeli lah dalam menerima komplain pelanggan sehingga hal ini akan membantu Anda untuk memahami keluhan pelanggan. Bila perlu catat poin penting mengenai keluhan pelanggan agar Anda bisa menganalisisnya dan fokuskan perhatian Anda pada pelanggan.

2. Biarkan pelanggan berbicara

Ketika pelanggan sedang menyampaikan keluhannya maka Anda jangan menyela mereka. Jangan juga menjelaskan, mempertahankan diri atau memberi penilaian. Hal ini bisa menjadi fatal yang berakibat pelanggan bisa pergi dan Anda kehilangan peluang Anda.

3. Tetap tenang

Dalam menghadapi keluhan pelanggan Anda harus tetap bersikap tenag dan bersahabat. Jangan kaku karena Anda akan terkesan seolah tidak perduli dengan keluhan mereka. Gunakan bahsa yang santai tapi sopan, dan jaga suasana tetap santai sehingga Anda dapat mencairkan suasana.

4. Meminta maaf

Ketika pelanggan menyampaikan keluhannya, maka jangan gengsi untuk meminta maaf terlebih dahulu dan lakukan dengan tulus. Jika Anda meminta maaf, maka ini akan menghindarkan Anda untuk tidak disalahkan. Dengan meminta maaf, maka respon pelanggan pada Anda juga akan baik dan citra bisnis Anda juga akan terjaga.

5. Tanyakan pada mereka bagaimana Anda bisa memperbaikinya

Ketika pelanggan telah menyampaikan keuhannya maka jangan takut untuk menanyakan apa yang bisa Anda lakukan untuk pelanggan Anda. Terkadang hal sepele seperti ini kurang di perhatikan sehingga menimbulkan kesan bahwa Anda tidak menanggapi keluhan dengan baik. Hal ini tentu bisa membuat pelanggan kesal maka tanyakan lah apa yang pelanggan Anda inginkan.

Baca Juga: Membangun Tim Bisnis Online

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Cara Menangani Ketidakpuasan Pelanggan Dengan Baik, dimana Anda telah mengetahui cara menangani keluhan pelanggan dengan baik maka, tanganilah komplain pelanggan secara serius. Berikan yang terbaik untuk menjadikan pelanggan Anda puas terhadap suara yang mereka keluarkan. Biar bagiamanapun, kepercayaan pelanggan terhadap diri Anda dan perusahaan merupakan hal yang terpenting. Dan kepercayaan tersebut dapat rusak dan hilang dengan mudah hanya karena kekecewaan pelanggan terhadap produk dan layanan yang kita berikan. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bisnis berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: Fachri

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *