Cara Membuat SOP Kerja Untuk Bisnis Online Anda

By | September 25, 2019

Fachri Aja, Cara Membuat SOP Kerja Untuk Bisnis Online Anda | Apakah Anda tahu tentang cara membuat SOP kerja?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara membuat SOP kerja di perusahaan dagang. Tujuan SOP adalah untuk menjelaskan perincian atau standar yang telah ditetapkan mengenai aktivitas pekerjaan yang berulang-ulang yang dilaksanakan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai cara membuat SOP kerja secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Cara Membuat SOP Kerja Perusahaan Dagang Untuk Bisnis Online Anda

Cara Membuat SOP Kerja Untuk Bisnis Online Anda

cara membuat sop (standar operasional prosedur)

SOP kependekan dari Standard Operational/Operating Procedures, yaitu tentang prosedur standar suatu operasi/kegiatan/aktivitas yang dilakukan. SOP berisi tentang tata cara, meliputi:

  1. Siapa yang mengerjakan ?
  2. Apa yang dikerjakan ?
  3. Di mana dikerjakan ?
  4. Bagaimana mengerjakan ?
  5. Kapan mengerjakan ?

SOP ini anehnya sering dianggap momok. Padahal, setiap hal yang Anda lakukan, seperti cara makan, cara menyiapkan sesuatu, cara menyimpan sesuatu, semua mempunyai prosedur yaitu mempunyai urutan tertentu. Saat urutan itu diubah, Anda akan merasa ada yang aneh, tidak sesuai dengan seperti biasanya. Pendek katanya, tidak standar. Standar siapa?.

Standar Anda tentunya. Itulah mengapa SOP tidak dapat ditiru. Proses aktivitas tiap bisnis tentu berbeda, dengan SDM berbeda, dengan urutan berbeda, dengan tata cara berbeda. Oleh karena itu, jika Anda mencontek dari sumber tentang SOP satu aktivitas bisnis yang Anda lakukan.Pastikan Anda menyesuaikannya dengan keadaan Anda sehari-hari.

Karena percuma jika SOP hanya menjadi seonggok tumpukan kertas yang mungkin nilainya tidak lebih dari kertas bungkus gorengan, jika Anda tidak melakukan apapun tentang hal itu. Karena jika Anda mampu menggali makna SOP lebih dalam, Anda bisa memetik banyak manfaat darinya. Contohnya:

  1. Anda tahu proses apa yang tidak efisien
  2. Anda tahu proses mana yang bisa dieliminasi
  3. Anda tahu di mana bottle neck/kemacetan suatu proses

Sayangnya, hal itu mustahil terjadi apabila Anda tidak serius untuk membuat SOP, apalagi jika tidak melaksanakannya. Jadi apa yang harus disiapkan untuk menulis SOP?

  1. Siapkan niat yang cukup untuk menuliskan apa yang Anda lakukan, dan melakukan apa yang Anda tulis.
  2. Jika Anda belum punya SOP, maka tulislah segala hal yang Anda lakukan dalam tiap aktivitas rutin.

Misalkan:

  1. Aktivitas packing
  2. Aktivitas pelayanan konsumen
  3. Aktivitas penyimpanan produk/pergudangan
  4. Aktivitas produksi
  5. dan lain sebagainya.

Peraturannya hanya 2:

  1. Tulis apa yang Anda lakukan
  2. Lakukan apa yang Anda tulis

Baca Juga : Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Dari Reseller

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Cara Membuat SOP Kerja Untuk Bisnis Online Anda, dimana tugas Anda sekarang silakan tuliskan secara terperinci urutan pekerjaan yang biasa Anda lakukan dalam proses packing. Disertai foto step by step sehingga bisa membentuk kerangka SOP sesuai bisnis online Anda. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bisnis berikutnya.

 

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *