Cara Membuat Job Description Yang Baik dan Benar

By | Oktober 8, 2019

Fachri Aja, Cara Membuat Job Description Yang Baik dan Benar | Apakah Anda tahu tentang cara membuat job description ?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat job description. Agar lebih jelas apa sajakah tanggungjawab atau aktivitas yang dijalankan, maka timbullah job analysis atau analisa jabatan. Analisa jabatan sendiri berarti proses mengumpulkan, mengkategorikan, mendokumentasikan semua informasi yang dianggap relevan dengan jabatan tertentu. Tentu saja job analysis tersebut akan berubah sewaktu-waktu tergantung periode yang dijalani. Hasil akhir dari job analysis akan mendapatkan materi job description. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai cara membuat job description secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Cara Membuat Job Description Yang Baik dan Benar Untuk UMKM atau Toko Online

Cara Membuat Job Description Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Job Description Yang Baik dan Benar

Jobdesc singkatan dari job description, yaitu pernyataan tertulis yang luas, umum, mengenai pekerjaan yang spesifik. Berdasar pada temuan dari analisa pekerjaan. Biasanya melingkupi tugas, tujuan, tanggung jawab, lingkup dan kondisi pekerjaan bersamaan dengan nama posisi pekerjaan, dan nama atau kepada siapa pekerja mesti melapor.

Job description biasanya merupakan basis dari format spesifikasi pekerjaan yang dilakukan. Mudahnya, jobdesc merupakan panduan atau uraian dari suatu pernyataan tertulis yang berisi tentang bagaimana suatu pekerjaan dilakukan dan apa yang harus dilakukan oleh karyawan dalam menjalankan tugasnya.

Penjelasan tugas dari owner ke karyawan harus jelas, dan penjelasan tentang suatu laporan (bisa apa saja) dari kayawan ke owner juga harus kelas. Nah, sekarang kami akan membahas 3 komponen utama dalam pembuatan jobdesc.

1. Tugas

Segala sesuatu yang dilakukan secara rutin dan berulang. Tugas merupakan kewajiban dari suatu pekerjaan yang sudah ditentukan dan harus dikerjakan oleh karyawan dalam pekerjaannya. Contoh pekerjaan secara rutin dan berulang yang dilakukan oleh karyawan di sebuah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) online shop :

  • Menerima orderan
  • Menjawab semua pertanyaan di grup
  • Memeriksa orderan
  • Cek ongkir
  • Cek pengiriman

2. Tanggung jawab

Segala sesuatu yang menimbulkan laporan, temasuk ke dalam tanggung jawab. Tanggung jawab adalah keharusan untuk melakukan atau melaksakan semua kewajiban atau tugas-tugas yang dibebankan kepada karyawan.

Contohnya :

  • Menerima pendaftaran mitra, menimbulkan
  • Konsenkuensi laporan mitra baru.
  • Share stok, melaporkan stok yang ada ke grup
  • Reseller/agen.
  • Booking orderan tiap mitra, menimbulkan laporan
  • Orderan.
  • Rekap semua deposit, menimbulkan laporan
  • Keuangan.
  • Merekap orderan, menimbulkan laporan order tiap
  • Pemesanan.

3. Wewenang

Pengalihan sebagian hak dari owner yang diberikan kepada karyawan. Wewenang juga bisa dikatakan sebagai kekuasaan seorang pemimpin untuk menggunakan karyawannya agar bisa mencapai suatu tujuan tertentu. Wewenang ini merupakan kesepakatan bersama antara kedua belah pihak, owner dan karyawan.

Contohnya : Wewenang transfer ada di owner, tapi karyawan bisa cek mutasi keuangan. Semakin detail atau terperinci jobdesc yang dibuat, maka semakin sedikit celah karyawan untuk berbuat curang atau berbuat hal yang tidak baik.

Nah, sebelum bisa menentukan jobdesc karyawan. Pertama yang harus dilakukan, Anda mesti menuliskan apa saja jobdesc Anda.

Jadi, tugasnya adalah :

  1. Jika Anda belum mempunyai karyawan, silakan tuliskan jobdesc Anda sendiri.
  2. Jika Anda sudah mempunyai karyawan, silakan buat jobdesc untuk salah satu karyawan Anda.

Baca Juga: Cara Membuat SOP Kerja Untuk Bisnis Online Anda

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Cara Membuat Job Description Yang Baik dan Benar, dimana Anda telah mengetahui beberapa uraian job description yang bisa Anda buat PR untuk keberlangsungan bisnis Anda yang makin berkembang. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel tips berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *