Powerful 3 Cara Mendapatkan Modal Usaha

By | Agustus 25, 2020

Fachri Aja, Powerful 3 Cara Mendapatkan Modal Usaha | Artikel ini akan membahas cara mendapatkan modal usaha dan cara mencari modal untuk berbagai jenis usaha, serta cara mendapatkan modal usaha ini bisa langsung Anda praktekkan. Sehingga Anda bisa menjawab dari pertanyaan bagaimana cara memperoleh modal kerja. Jadi, tanpa panjang lebar lagi mari kita simak artikel tentang cara mendapatkan modal usaha ini.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

Cara Mendapatkan Modal Usaha

Cara Mendapatkan Modal Usaha

Tahukah Anda jika untuk mengumpulkan modal untuk usaha terbagi menjadi 3 yaitu modal investasi awal, modal kerja, dan modal operasional. Namun, yang menjadi masalah saat ini mungkin ada beberapa orang beberapa orang yang sudah mengerti akan hal itu, lalu jadi menggerutu sendiri: “Hmm…, ngitung modal, sih, memang gampang.
Masalahnya sekarang, gimana caranya supaya modalnya bisa ada? Supaya bisa terkumpul?”.

Ini memang bahasan menarik karena banyak orang kesulitan dalam mengumpulkan dana sebagai modal usaha. Sebagai contoh, peluang usaha pemula jika Anda ingin membuka usaha laundry dengan memiliki mesin cuci sendiri, dan anda membutuhkan modal Rp.20 juta sedangkan dana Anda sendiri baru terkumpul Rp.3 juta. Nah, bagaimana cara mengatasi hal ini ?. Ada 3 jalan cara mencari modal usaha tanpa hutang:

1. Modal sendiri

Jika Anda ingin membuka usaha, Anda bisa pakai modal sendiri. Caranya bisa dengan mengambil dari simpanan yang Anda miliki sekarang, entah dari tabungan atau deposito Anda, atau bisa juga dengan menjual aset yang Anda punya.

Sebagai contoh, orang yang menjual sepeda motornya untuk sekadar jadi modal usaha, atau menjual perhiasan yang dia punya. Jangan kaget, jika menjual barang untuk menambah modal usaha itu sudah menjadi hal yang biasa. Paling penting, jangan merasa terlalu sayang untuk menjual beberapa aset Anda untuk menambah modal usaha.

Contohnya, kalau Anda tidak punya uang untuk modal usaha dan harus menjual perhiasan Anda, ya jual saja. Nanti kalau usaha Anda sudah berhasil, Anda nantinya bisa beli lagi perhiasan yang lebih bagus.

2. Meminjam uang

Meminjam uang untuk modal usaha juga sering dilakukan. Dengan meminjam, seringkali usaha yang memang Anda impikan bisa lebih cepat terwujud. Tetapi, nah ini dia, karena modal itu Anda dapatkan dengan meminjam. Jadi, Anda benar-benar harus memerhatikan cash flow Anda.

Hal ini karena Anda pasti harus mengembalikan uang yang Anda pinjam. Entah dengan mengembalikannya secara bulanan, 6 bulanan, atau mungkin tahunan. Kuncinya kalau Anda meminjam, perlu diketahui bahwa banyak orang yang seringkali terlalu fokus kepada bagaimana mereka bisa mendapatkan pinjaman. Akan tetapi tidak memikirkan apa yang bisa mereka lakukan untuk mengembalikan pinjaman tersebut.

Jadi, ketika meminjam cobalah untuk memikirkan bagaimana caranya Anda bisa mengembalikan pinjaman tersebut. Tipsnya yakni ketika Anda memikirkan caranya, jangan terlalu optimis bahwa pendapatan dari usaha Anda pasti bisa langsung besar di bulan-bulan pertama. Kalau perlu, buatlah perkiraan sepesimis mungkin. Dari perkiraan yang pesimis tersebut. Anda pasti bisa melakukan penilaian apakah pengembalian yang akan Anda lakukan nantinya bisa lancar atau tidak.

3. Kerjasama

Ada alternatif lain daripada Anda memakai modal sendiri semuanya atau Anda meminjam modal. Kenapa Anda tidak mencoba menjalin kerja sama saja dengan orang lain?. Dengan menjalin kerja sama, maka risiko usaha Anda bisa lebih kecil karena terbagi oleh rekan Anda. Cuma, keuntungan yang Anda dapatkan tentunya terbagi juga.

Sekarang masalahnya, ada tidak orang yang mau kerjasama dengan Anda? Itu tergantung Anda. Apakah Anda bisa dengan baik menawarkan keuntungan yang masuk akal pada usaha yang Anda tawarkan. Tapi, tawaran keuntungan saja belum cukup. Anda juga harus bisa memberikan pendekatan yang baik, tidak sombong pada orang-orang yang ingin Anda ajak kerjasama.

Baca Juga: Cara Membangun Mental Yang Kuat dan Tangguh

Penutup

Oke itu tadi Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk membangun usaha. Anda juga bisa langsung mempraktekkan cara yang sudah kami bagikan diatas. Demikian, semoga artikel ini memberikan wawasan positif, semoga sukses dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *