10 Cara Mengembangkan Soft Skills untuk Dunia Kerja

By | Maret 31, 2020
0
(0)

Fachri Aja, 10 Cara Mengembangkan Soft Skills untuk Dunia Kerja | Apakah Anda belum tahu Cara Mengembangkan Soft Skills ? Jika belum mengerti apa sajakah itu, maka Anda beruntung telah menyimak artikel ini. Kali ini Fachri Aja akan membahas mengenai cara mengembangkan soft skills untuk menghadapi dunia kerja yang tentunya penting sekali untuk dimiliki, baik bagi calon pelamar maupun yang telah menjadi pegawai. Tanpa basa-basi lagi, yuk, kita simak penjelasannya tentang Cara Mengembangkan Soft Skills dibawah ini.

Namun, Anda juga bisa membaca artikel kami lainnya tentang Pertanyaan Tentang Dunia Kerja. Perusahaan dalam mempekerjakan karyawan, selain melihat suatu keahlian (expertise) dan pengalaman sesuai masing-masing bidang, mereka juga melihat soft skills yang dimiliki para calon pegawai. Bahkan tidak sedikit juga perusahaan yang menyatakan bahwa memiliki nilai tinggi tidak akan terlalu berguna ketika Anda memasuki dunia kerja tanpa soft skills. Tetapi, soft skills sering kali diabaikan.

AMPUH! Cara Mengembangkan Soft Skills untuk Menghadapi Dunia Kerja

Bagaimana peranan soft skill di dunia karir masa depan ?

Bagaimana peranan soft skill di dunia karir masa depan ?

Soft skill dan hard skill adalah dua kemampuan dan ilmu yang dimiliki oleh masing-masing individu. Keduanya memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, khususnya untuk pengembangan karir. Apabila hard skill adalah kemampuan teknis yang diperoleh dari pendidikan sekolah maupun kuliah, maka soft skill diperoleh dari dukungan keluarga, lingkungan sekitar, serta berbagai sumber ilmu.

Soft skill berkaitan dengan kecerdasan emosional, kepribadian, dan keterampilan sosial. Biasanya berupa kemampuan berkomunikasi, cara berbahasa (biasanya asing), memahami karakteristik orang lain, kecakapan sosial, gaya kepemimpinan, beradaptasi, dan lain sebagainya.

Generasi millenials saat ini, rata-rata telah memasuki usia siap kerja. Seperti yang kita lihat, millenials saat ini cukup kreatif dan inovatif. Hal ini tentunya dipengaruhi perubahan pada aspek kehidupan dan perkembangan zaman yang semakin canggih. Tetapi, tidak dipungkiri bahwa saat ini persaingan kerja juga semakin ketat, tentunya kita perlu menambah soft skills yang lebih agar dapat bersaing di dunia kerja.

Berikut beberapa cara mengembangkan soft skills untuk menghadapi dunia kerja yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Mengenali Diri Sendiri dan Menjadi Percaya Diri (Self Awareness and Confidence)

Sebagai manusia, penting untuk mengenali diri sendiri agar lebih memahami dan menerima kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kita. Jangan berfokus pada kekurangan yang membuat kita kurang memaksimalkan kelebihan yang kita miliki. Tetap asah kelebihan dan memaklumi kekurangan diri sendiri adalah cara agar meningkatkan rasa percaya diri.

2. Mengelola Stres

Tidak jarang kita merasa khawatir tidak dapat menyelesaikan tugas/pekerjaan tepat waktu dan berakhir mengecewakan orang lain. Akan tetapi, tanpa kita sadari, kekhawatiran berlebih tersebut dapat menyebabkan stres. Cara terbaik untuk meminimalisir stres dalam diri adalah tenangkan pikiran, tetap rileks, dan tetap berusaha untuk menyelesaikan tugas tersebut sebaik mungkin.

3. Berlatih Berpikir Kritis

Berpikir kritis sangat penting karena mampu membantu kita dalam pemecahan suatu masalah dan mencari solusi. Aktif membaca dan berdiskusi dengan orang lain, misalnya. Dengan membaca kita akan membuka wawasan dan menambah ilmu, sedangkan berdiskusi akan membantu membuka perspektif kita terhadap suatu topik atau permasalahan melalui orang lain.

4. Kembangkan Rasa Ingin Tahu, Kreatif, dan Inovatif

Ketiga soft skills ini tidak kalah penting dan berguna dalam hal penyelesaian masalah. Ketika kita dihadapkan oleh suatu permasalahan di dunia kerja, rasa ingin tahu akan membuat kita tidak berhenti mencari sumber permasalahan serta solusinya. Dan, kreativitas dan inovasi akan membantu untuk mencari solusi paling efektif dan efisien untuk permasalahan tersebut.

Simak Juga: 5 Solusi Bingung Cari Kerja Saat Wabah Corona

5. Komunikasi yang Baik

10 Cara Mengembangkan Soft Skillsuntuk Dunia Kerja

Komunikasi yang Baik

Komunikasi adalah hal utama untuk bersosialisasi dalam kehidupan. Kita dapat meningkatkan soft skills ini dengan menjadi pendengar yang baik. Belajar untuk menjadi pendengar yang baik, maka kita juga akan belajar bagaimana berbicara dengan baik. Ketika keduanya berhasil kita kuasai, maka kita akan menjadi seorang komunikator yang baik.

6. Berlatih Cara Kerjasama dan Kolaborasi

Tidak hanya di dunia kerja, menjadi seseorang yang bisa diajak bekerja sama di dalam sebuah tim merupakan hal yang sangat penting. Tidak sedikit orang yang mampu bekerja sendiri, tetapi merasa kesulitan ketika diharuskan bekerja sama dengan banyak orang. Hal tersebut akan menyusahkan diri sendiri dan juga memperlambat kerja tim.

7. Kuasai Public Speaking

Soft skill ini tidak mudah untuk dikuasai dan cenderung sulit bagi sebagian orang. Banyak orang tidak cukup percaya diri atau cukup mampu untuk berbicara di depan umum, tetapi memilih untuk menghindarinya. Satu-satunya cara untuk menguasai skill ini adalah dengan melakukannya menantang diri sendiri untuk melakukannya. Lakukan sesering mungkin agar terbiasa.

8. Bangun Networking

Memiliki dan memperluas networking penting sekali dalam membangun karier. Semakin banyak dan semakin luas networking, maka semakin banyak kesempatan serta peluang pekerjaan yang akan datang. Kita bisa memulainya kapan saja dan dimana saja, misalnya saat menghadiri seminar/workshop.

9. Beradaptasi Sebaik Mungkin

Dalam dunia kerja dapat dikatakan lebih keras bila dibandingkan dunia perkuliahan. Untuk dapat bertahan dibutuhkan kemampuan beradaptasi yang baik. Tidak hanya beradaptasi dengan lingkungan kerja beserta orang-orang di dalamnya, tetapi juga tugas/pekerjaan yang kita kerjakan.

10. Miliki Manajemen Waktu

Soft skill terakhir yang wajib dimiliki adalah manajemen waktu. Saat bekerja, menjadi tepat waktu dalam hal apapun merupakan hal yang sangat penting, baik saat datang bekerja atau penyelesaian tugas sesuai deadline. Cara agar dapat mengatur manajemen waktu adalah dengan membuat jadwal kerja harian pribadi.

Baca Juga: 5 Cara Mempertahankan Usaha Agar Tetap Lancar

Penutup

Sekian yang bisa Fachri Aja berikan mengenai 10 Cara Mengembangkan Soft Skills untuk Dunia Kerja. Semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Anda calon pelamar kerja. Jadi, harus percaya diri dan optimis ya untuk mulai meniti karir. Semoga sukses! Terima kasih dan sampai jumpa di artikel self improvement selanjutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *