[Corona] 10 Cara Menjalani Hari Yang Produktif

By | April 8, 2020
0
(0)

Fachri Aja, 10 Cara Menjalani Hari Yang Produktif Selama Self-Quarantine | Apakah Anda belum tahu cara menjalani hari yang produktif selama self-quarantine? Jika belum, maka Anda beruntung telah menyimak artikel ini. Karena kali ini Fachri Aja akan membahas mengenai cara menjalani hari yang produktif selama self-quarantine yang berguna sekali bagi Anda yang sedang #DiRumahAja dan work from home agar lebih produktif dalam menjalani aktivitas. Yuk, tanpa basa-basi lagi, kita simak penjelasannya.

Cara menjalani hari yang produktif dilakukan karena saat ini pemerintah menghimbau masyarakat, agar patuh menjalani  physical distancing dan self-quarantine seiring dengan meningkatnya pasien positif coronavirus disease (COVID-19) di Indonesia. Berbagai kegiatan sekolah, ibadah, kegiatan ekonomi ditiadakan, serta banyak perusahaan pula yang memberi kebijakan bagi karyawannya untuk bekerja dari rumah atau work from home agar meminimalisir peningkatan kasus tersebut. Anda juga bisa lho, membaca artikel kami lainnya tentang Cara Mempertahankan Usaha Agar Tetap Lancar di saat wabah Corona seperti saat ini. 

Cara Menjalani Hari Yang Produktif Selama Self-Quarantine 

Tips Produktif di Rumah

Tips Produktif di Rumah

Bagi Anda yang belum tahu, self-quarantine adalah sebuah tindakan preventif (pencegahan) apabila Anda pernah berada di kawasan yang diduga terpapar COVID-19 atau pernah berinteraksi dengan orang yang memiliki gejala atau memiliki riwayat bepergian ke daerah yang memiliki kasus positif COVID-19, seperti di beberapa daerah di Indonesia.

Akan tetapi, bagi sebagian masyarakat yang terbiasa beraktivitas outdoor, sulit bagi mereka membiasakan diri dengan kondisi ini dan menganggap self-quarantine membosankan. Padahal dalam kondisi ini, Anda tetap dapat melakukan banyak hal yang mungkin belum sempat Anda lakukan karena kesibukan Anda sebelumnya.

Berikut beberapa cara menjalani hari yang produktif selama self-quarantine yang patut Anda coba:

1. Fokuslah pada tujuan (Focus on your own goals)

Setiap orang pasti memiliki tujuan dalam hidupnya, termasuk para pengusaha sukses. Mereka telah memiliki tujuan sejak dini dan memupuk diri agar dapat mencapai kesuksesan. Memiliki tujuan dalam hidup membuat kita lebih mudah dalam menentukan hal-hal apa yang akan kita lakukan dalam hidup.

Meski dalam kondisi #DiRumahAja penting untuk tetap fokus pada tujuan Anda dan tidak terlena hanya karena Anda tidak beraktivitas di luar.

2. Bangunlah Lebih Awal (Wake up earlier)

Bangunlah lebih awal. Suasana sejuk dan udara segar di pagi hari merupakan hal patut kita dinikmati dan disyukuri. Bangun di pagi hari dan memulai hari dengan aktivitas tenang dan santai seperti berjalan di depan rumah atau berjemur.

Hal kecil tersebut dapat membantu tubuh dan pikiran kita menjadi lebih sehat, meningkatkan imunitas, dan menjadi lebih produktif saat menjalani aktivitas setelahnya.

3. Buatlah daftar kegiatan/pekerjaan (Make your to-do-list)

Menjadi produktif adalah tahu akan apa saja yang harus dikerjakan dan melatih kita dalam mengontrol time management. Cobalah untuk membuat daftar kegiatan atau pekerjaan sederhana yang harus Anda selesaikan dalam satu hari. Membuat daftar tersebut akan membuat Anda maksimal dalam beraktivitas, menjadi produktif, dan tidak menyia-nyiakan waktu.

4. Buatlah skala prioritas (Make your priority)

Ketika membuat daftar kegiatan atau pekerjaan telah Anda lakukan, buatlah prioritas. Memilah kegiatan atau pekerjaan sesuai kategori akan memudahkan Anda. Misalnya, pekerjaan yang memiliki deadline waktu harus Anda kerjakan pertama kali, maka Anda letakkan pada list pertama dalam daftar. Membuat prioritas bertujuan agar Anda tidak membuang seluruh energi dan pikiran agar lebih efektif.

5. Mulailah dari yang sederhana (Start with a simple one)

David Allen dalam bukunya “Getting Things Done” memperkenalkan tips two-minute rule yang intinya adalah bagaimana kita memulai dari hal-hal yang bisa diselesaikan dengan cepat. Contohnya, merapikan kamar tidur, membalas email, atau hal-hal sederhana lainnya.

Time management seperti ini dapat meningkatkan produktivitas dengan mengurangi waktu untuk menyelesaikan pekerjaan ringan agar memiliki banyak waktu untuk pekerjaan berat.

6. Jauhkan diri dari gangguan (Avoid yourself from distraction)

Coba untuk menyingkirkan hal-hal yang mengganggu dan mengalihkan konsentrasi Anda ketika sedang bekerja. Misalnya, jauhkan handphone atau atur mode silent agar Anda tidak tergoda untuk mengecek notifikasi social media. Begitu pula saat bekerja dengan laptop, cobalah untuk tidak membuka tab baru dan memutar musik melalui YouTube agar Anda tetap fokus dan tidak tergiur menonton video.

7. Jangan menunda-nunda (Don’t be a procrastinator)

Musuh utama produktivitas adalah prokrastinasi. Kebanyakan dari kita merasa tidak memiliki urgensi untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan cenderung menunda hingga tiba di detik-detik akhir. Oleh karena itu, penting untuk berlatih menahan “nafsu” untuk bersantai dan memaksimalkan pikiran rasional untuk segera menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.

8. Luangkan waktu untuk istirahat (Rest your body and mind)

Meski berusaha tidak menunda-nunda pekerjaan, Anda juga harus paham kapan waktu untuk beristirahat. Menjadi produktif bukan hanya soal kerja keras tapi kerja cerdas. Misalnya, istirahat sejenak dari layar laptop dan berjalan-jalan sejenak atau membuat minuman hangat. Setelah mengistirahatkan tubuh, otak akan kembali segar dan Anda dapat berpikir lebih jernih, maka Anda dapat kembali produktif beraktivitas.

9. Kembangkan potensi diri (Self improvement)

Selain produktif dalam hal penyelesaian tugas, penting juga untuk mengembangkan soft skills/hard skills yang telah Anda kuasai atau yang ingin Anda kuasai. Misalnya, belajar bahasa asing, belajar memasak dengan mencoba berbagai resep sederhana, atau berdiskusi dengan teman atau rekan kerja (secara online, tentunya). Cobalah beberapa kegiatan baru yang belum sempat Anda lakukan sebelumnya.

10. Hargai semua usaha yang Anda lakukan (Praise your own work)

Dalam kondisi quarantine ini, semua pekerjaan terpaksa dilakukan di rumah. Banyak sekali kendala yang ditemui saat menyelesaikan, karena tidak semua pekerjaan bisa dilakukan via online. Oleh karena itu, berikan diri Anda penghargaan dengan menyadari bahwa Anda telah bekerja keras dan berusaha sebaik mungkin dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut. Pujilah diri Anda karena telah melakukan yang terbaik.

Baca Juga: [Lakukan ini] 5 Solusi Bingung Cari Kerja Saat Wabah Corona

Penutup

Sekian yang bisa Fachri Aja berikan mengenai 10 Cara Menjalani Hari yang Produktif selama Self-Quarantine. Semoga dengan adanya informasi ini tidak menjadikan alasan bagi kita untuk bermalas-malasan. Tetap produktif dan jaga kesehatan! Terima kasih dan sampai jumpa di artikel bisnis selanjutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *