Temukan 10 Dosa Pemasaran Yang Mematikan

By | Maret 21, 2019

Fachri Aja, Temukan 10 Dosa Pemasaran Yang Mematikan | Update lagi, hari ini kami ingin berbagi sedikit ilmu seputar dosa pemasaran yang mematikan. Tulisan yang kami sajikan kali ini menceritakan tentang sepuluh dosa pemasaran yang mematikan. Pelajari artikel yang kami buat sampai benar-benar Anda paham. Jadi, silahkan Anda baca artikel mengenai dosa pemasaran yang mematikan agar wawasan anda semakin luas.

Ten Deadly Marketing Sins

Temukan 10 Dosa Pemasaran Yang Mematikan

Temukan 10 Dosa Pemasaran Yang Mematikan

Untuk memasarkan produk baru, mungkin Anda sudah mengerahkan segala jurus. Namun hasilnya ternyata tetap mengecewakan. Philip Kotler mencoba menganalisis apa saja faktor yang menyebabkan pola pemasaran kontemporer tak berfungsi. Hasilnya ia menyimpulkan ada 10 dosa pemasaran mematikan yang ia tulis dalam buku “Ten Deadly Marketing Sins”.  Mungkin salah satu atau lebih dari sepuluh dosa tersebut sudah Anda lakukan.

1. Perusahaan tidak berfokus pada pasar dan tidak digerakkan oleh pelanggan pada tingkat yang memadai

Seharusnya yang dilakukan perusahaan sebelum launch produk yaitu dengan riset pasar. Riset pasar dalam memulai suatu bisnis diperlukan sebelum membuka usaha atau meluncurkan suatu produk komersial. Teknik riset pasar digunakan oleh calon pengusaha maupun pengusaha yang telah berjalan.

Agar bisnisnya lebih berkembang dengan cara mencari, mengumpulkan, dan menganalisa informasi tentang pasar yang sesuai dengan usaha yang dijalankan. Oleh karena itu perlunya bagi praktisi di dunia bisnis maupun ahli manajemen pemasaran untuk mengetahui lebih jauh mengenai riset pasar.

2. Perusahaan tidak sepenuhnya memahami pelanggan sasaran nya.

Agar perusahaan bisa memahami konsumen maka perusahaan untuk mengerti terlebih dahulu tentang perilaku konsumen. Menurut bapak pemasaran yaitu Kotler dan Keller, perilaku konsumen adalah studi bagaimana individu, kelompok dan organisasi memilih, membeli, menggunakan dan menempatkan barang, jasa, ide atau pengalaman untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka.

3. Perusahaan perlu menentukan dan memantau pesaingnya dengan lebih baik

Perlunya membaca kemampuan, karakteristik, dan kondisi pesaing sangat penting dilakukan seorang pebisnis. Riset market sanggup Anda lakukan dengan memanfaatkan sistem online, lebih tepatnya memakai Google untuk mencari produk yang serupa dengan produk yang Anda jual.

4. Perusahaan belum mengelola hubungan dengan pemangku kepentingan atau stakeholder secara benar

Pengelolaan stakeholder merupakan sebuah rangkaian aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka memperoleh pengakuan dan mempertahankan komunikasi diantara stakeholder yang mempengaruhi kegiatan operasional perusahaan.

5. Perusahaan kurang lihai dalam menemukan peluang peluang baru

Perusahaan harus jeli setiap melihat peluang usaha dari lingkungan sekitar. Hal ini sebenanrnya lebih mudah karena perusahaan sudah mengetahui bagaimana kondisi ekonomi di negara dimana perusahaan Anda tinggal. Usaha yang baru dirintis juga lebih praktis ditekuni karena bisa menjadi keuntungan lain bagi perusahaan.

6. Rencana pemasaran dan proses perencanaan perusahaan buruk

Rencana pemasaran adalah sebuah pedoman untuk melakukan berbagai aktivitas pemasaran atau berbagai strategi pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran dan tujuan perusahaan.

Ada banyak bentuk, model dan format rencana pemasaran, namun semua rencana pemasaran akan memiliki kesamaan, yaitu minimal harus ada tujuan pemasaran, sasaran atau target pemasaran, strategi pemasaran dan biaya atau anggaran pemasaran.

7. Kebijakan kebijakan produk dan jasa perusahaan memerlukan proses yang lama untuk launch

Ketersediaan barang yang melebihi permintaan pembeli akan menurunkan harga barang sedangkan ketersediaan barang yang lebih rendah daripada permintaan pembeli, dapat menyebabkan harga barang menjadi tinggi. Produk kerajinan memanfatkan keterampilan tangan.

Proses pengerjaan produk kerajinan membutuhkan waktu yang lama. Industri kerajinan hanya dapat menghasilkan jumlah barang yang terbatas dalam rentang waktu tertentu.

8. Keahlian komunikasi dan pengembangan merek perusahaan lemah

Promosi mencakup metode komunikasi yang digunakan pemasar untuk memberikan informasi tentang produknya. Informasi bisa bersifat verbal dan visual. Kesimpulannya, tujuan utama dari promosi adalah produsen atau distributor akan mendapatkan kenaikan angka penjualan dan meningkatkan profit atau keuntungan.

9. Perusahaan tidak terorganisasi dengan baik untuk menjalankan pemasaran secara efektif dan efisien

Dengan adanya sebuah strategi yang baik, diharapkan proses pemasaran akan mampu berjalan secara terkontrol, dinamis dan tidak monoton dengan satu gaya marketing saja. Perusahaan harus melakukan untuk menciptakan sebuah strategi pemasaran yang lebih efektif, khususnya bagi perusahaan yang mempunyai bidang usaha yang relatif masih kecil.

10. Perusahaan tidak maksimalkan pemanfaatan teknologi

Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan iptek sudah menghasilkan banyak sekali buah yang manus bagi kehidupan berbisnis. Di era modern seperti sekarang ini, peradaban manusia sudah semakin menyatu dengan teknologi, bahkan manusia era modern seperti sekarang ini dapat dikatakantidak bisa hidup tanpa adanya bantuan dari teknologi.

Baca Juga: Jenis Manajemen dalam Bisnis

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Temukan 10 Dosa Pemasaran Yang Mematikan, dimana Anda telah mengetahui kiat pencegahan agar Anda tidak bangkrut sebelum membuka usaha. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel manajemen berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: Fachri

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *