10 Keuntungan Investasi Reksadana Bagi Investor

By | Maret 12, 2020
5
(1)

Fachri Aja – 10 Keuntungan Investasi Reksadana Bagi Investor | Jika Anda adalah salah satu investor dalam transaksi investasi reksadana. Belum tentu Anda dapat mengetahui 10 keuntungan investasi reksadana yang akan dibahas dalam artikel ini. Nah, Jadi setelah Anda membacanya. Pastikan Anda tahu dan paham bahwa keuntungan investasi reksadana serta juga Perbedaan Reksadana dan Saham yang sangat bermanfaat dan menguntungkan.

Lalu mengapa sampai ada investor yang tidak mengetahui kerugian dan keuntungan investasi reksadana yang sudah dilakukan nya. Masalah ini memang masih banyak dihadapi oleh kebanyakan orang. Karena tidak membaca prospektus atau kurangnya mencari informasi dan hanya berfokus pada pemikiran “saya harus segera memulai investasi” dan pada akhirnya tidak terlalu pemilih dalam melakukan investasi sesuai kebutuhan.

Keuntungan Investasi Reksadana yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

10 Keuntungan Investasi Reksadana Bagi Investor

10 Keuntungan Investasi Reksadana Bagi Investor

Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk memastikan keamanan finansial Anda dan keluarga di masa depan adalah dengan memulai investasi. Banyaknya pilihan jenis investasi terkadang membuat orang malah bingung, Namun saya pastikan tidak lagi setelah Anda membaca artikel ini.

Bagi Anda seorang investor yang baik masih pemula atau sudah lama. Reksadana bisa menjadi salah satu pilihan terbaik Anda. Investasi Reksadana memiliki pengertian seperti ini “Anda membeli unit penyertaan Reksa dan mempercayakan seorang Manajer Investasi (MI) untuk mengelolanya” dimana nanti Anda bisa memantau dimana saja dana investasi Anda digunakan. Dengan risiko yang relatif kecil, Dan keuntungan yang didapatkan bisa lebih tinggi dari pada hanya sekedar menabung.

Berikut adalah keuntungan investasi reksadana yang mungkin saja belum Anda ketahui :

1. Biaya Terjangkau

Biaya terjangkau merupakan keuntungan investasi reksadana yang unggul dibandingkan jenis investasi lain. Ditabah lagi alasan utama bagi investor pemula adalah minim nya modal yang digunakan. Nah untuk para aank muda jaman sekarang investasi reksadana sangat bisa dijangkau karena modal awal investasi yang bisa dimulai dengan 10.000 saja. Bayangkan saja nilai rupiahnya saja bahkan lebih kecil dibandingkan biaya makan Anda selama satu hari.

Dengan biaya awal yang terjangkau ini, Anda juga tentu tidak lagi perlu takut mengalami kerugian jika belum lihai dalam investasi. Namun, Jika Anda bisa menghitung-hitung dengan cermat. Return dari investasi reksadana lebih tinggi dari investasi emas. Situs bisnis ekonomi ” Bloomberg ” yang merilis perbandingan keuntungan antar keduanya selama 5 tahun terakhir ini menyebutkan bahwa investasi reksadana obligasi memiliki return yang lebih tinggi beberapa persen dari investasi emas.

2. Mudah Dikelola

Mudah dikelola ditambah dengan adanya bantuan Manajer Investasi, Anda tidak perlu susah-susah belajar memahami dan menganalisa pasar saham yang cukup rumit. Pengelola investasi reksadana Anda akan ditanggung sepenuhnya oleh seorang Manajer Investasi yang telah mendapat izin dari otoritas jasa keungan tertinggi.

Yang perlu Anda lakukan hanyakah menentukan dimana Anda akan membeli reksadana. Pilihlah perusahaan Manajer Investasi yang sudah berpengalaman dengan track record terpercaya. Dan menunggu keuntungan investasi reksadana Anda.

3. Lebih Aman

Lebih aman dalam berinvestasi. Dana investasi reksadana yang Anda setor juga tidak dipegang langsung oleh perusahaan Manajer Investasi tetapi dititipkan pada rekening bank khusus yang dikenal sebagai bank kustodian. Jadi, Anda tidak perlu takut jika dana Anda dibawa kabur oleh pihak tak bertanggung jawab.

4. Risiko Bisa Dikurangi

Risiko bisa dikurangi secara otomatis dengan cara tidak bergantung pada satu jenis investasi saja. Misalnya jika Anda memilih untuk berinvestasi dalam saham-saham individual. Karena reksadana bisa diinvestasikan ke dalam lusinan bahkan ratusan saham atau obligasi yang disebut sebagai “unit penyertaan”.

Jadi, Jika Anda melakukan investasi reksadana di 20 perusahaan dan 3 diantaranya mengalami risiko loss atau kerugian, Anda etidak perlu takut karena ada kemungkinan belasan perusahaan lainnya mungkin tidak mengalami kerugian atau justru mengalami risiko gain atau keuntungan.

5. Sangat Transparan

keuntungan investasi reksadana

keuntungan investasi reksadana

Informasi yang diberikan juga sangat ransparan. Reksadana dengan jelas memberikan informasi perkembangan portofolio dan biaya secara berkelanjutan. Jadi Anda bisa memantau keuntungan, biaya, serta risiko setiap saat secara online. Manajer Investasi sebagai pengelola reksadana juga wajib mengumumkan nilai aktiva bersih setiap hari dan menerbitkan laporan keuangan tengah tahunan dan tahunan juga prospektus yang dilakukan secara teratur.

6. Likuiditas Tinggi

Likuiditas tinggi merupakan kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban jangka pendeknya. Semakin sebuah perusahaan memiliki likuiditas yang tinggi, Maka semakin perusahaan tersebut bisa dipercaya karena kemampuannya membayar kewajiban jangka pendek juga baik. Dengan likuiditas yang tinggi tersebut, Anda sebagai investor dapat mencairkan kembali Unit Penyertaannya setiap saat sesuai dengan ketetapan yang dibuat oelh masing-masing reksadana.

7. Mudah Tersedia

Investasi reksadana bisa dengan mudah tersedia dan Anda beli di berbagai tempat seperti langsung dari manajer keuangan atau perusahaan manajemen aset. Atau melalui agen penjualan yang bersertifikasi dan memiliki sertifikasi WAPERD/APERD dari OJK.

Bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi di reksadana, Kini Anda bisa mendaftar secara online dengan lebih praktis dan cepat di berbagai aplikasi e-commerce seperti tokopedia, bukalapak, dsb. Proses lebih mudah, hanya 5 menit. Penjualan bisa Anda lakukan kapan saja tanpa harus menunggu terlalu lama. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan hingga 7% per tahun.

8. Banyak Pilihan

Banyak pilihan yang ditawarkan oleh jenis investasi reksadana juga menjadi nilai unggul. Karena dalam investasi ini Anda bisa menentukan ingin menanamkan modal ivestasi Anda dimana saja dari banyak nya pilihan jenis produk yang ada didalam nya.

9. Berbasis Online

keuntungan investasi reksadana

keuntungan investasi reksadana

Saat ini kebanyakan investasi reksadana mulai berbasis online. Dengan emikian Anda bisa melakukan transaksi dan melihat seluruh data investasi dengan sangat mudah melalui laptop dan smartphone. Selain itu, Hal ini juga dapat membuat biaya transaksi yang Anda keluarkan menjadi sangat murah.

10. Mudah Dipahami

Reksadana juga bisa dibilang sangat mudah dipahami. Untuk memulainya, kamu hanya perlu membeli unit penyertaan. Lalu selanjutnya segala transaksi Anda yag menyangkut trade atau sell akan dilakukan oleh manajer investasi.

Nah, Setiap bulannya atau bahkan setiap harinya manajer investasi akan menginformasikan mengenai pengrkembangan investasinya. Anda bisa melihat sejauh mana kemungkinan keuntungan dan kerugian nya. Sejauh ini keuntungan investasi reksadana sendiri sangat pas untuk Anda yang tidak memiliki atau awam tentang dunia investasi terutama pasar modal dan sebagainya. Kehadiran manajer investasi sendiri juga sangat menguntungkan dalam hal ini.

Baca Juga : Hukum Reksadana Menurut Islam, Halal atau Haram

Penutup

Sekian yang bisa Fachri Aja berikan mengenai 10 Keuntungan Investasi Reksadana Bagi Investor. Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda para calon investor-investor hebat masa depan. Jadi tidak perlu lagi takut ya untuk memulai sebuah investasi. Karena investasi reksadana sangat bisa Anada jadikan pilihan untuk memulai dan belajar tentang bagaimana cara kerja sebuah investasi. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel investasi berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *