Cek Pengertian Profil Risiko Investasi Aman dan Efektif

By | Maret 20, 2019

Fachri Aja, Cek Pengertian Profil Risiko Investasi Aman dan Efektif | Tahukah anda bagaimana pengertian profil risiko?. Dengan artikel yang kami sajikan sudah bukan masalah lagi bagi Anda. Bayangkan setelah membaca artikel pengertian profil risiko investasi Anda bisa mempelajari lebih dalam ilmu perencanaan keuangan pribadi, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah perencanaan investasi. Perencanaan investasi selalu dihadapkan oleh berbagai macam produk investasi yang tersedia. Setiap produk memiliki keuntungan dan risiko masing-masing. Dalam memilih produk investasi yang tepat, setiap individu harus mengetahui profil risikonya diri sendiri. So, tanpa panjang lebar lagi mari kita simak tulisan mengenai pengertian profil risiko. Selamat Membaca.

Pengertian Profil Risiko Investasi Secara Umum

Cek Pengertian Profil Risiko Investasi Aman dan Efektif

Cek Pengertian Profil Risiko Investasi Aman dan Efektif

Sebelum Anda memilih instrumen investasi, Anda perlu melakukan analisis sederhana tentang profil risiko Anda. Manfaat manajemen profil risiko bisa menjadi ukuran kesiapan dan toleransi Anda untuk menerima kerugian. Tujuan manajemen investasi mempunyai prinsip high risk high return, semakin tinggi resiko yang Anda hadapi, semakin besar keuntungan yang bisa diperoleh.

Anda pun bisa mengukur toleransi maksimal terhadap risiko investasi. Apakah anda ingin menginginkan profit yang besar dan berani mempertaruhkan aset dan kekayaan atau, tidak masalah  Anda mendapatkan imbal hasil yang sedikit. Hasilkan uang yang anda investasikan tetap aman.

Merefleksikan pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda bisa menemukan investasi yang cocok. Berikut ini ada 3 jenis profil risiko. Anda termasuk kategori mana ?.

1. Konservatif

Profil risiko ini untuk Para investor yang mengutamakan keamanan aset dan uangnya. Investor jenis ini cenderung tidak mempermasalahkan imbal hasil investasi yang sedikit. Baginya, yang penting investasi aman dan sebisa mungkin tidak beresiko.

Banyak para pengelola keuangan menganjurkan investor jenis ini untuk mengalokasikan sebagian besar uangnya di deposito tapi (seperti yang kita tahu, deposito itu sebenarnya bukan investasi), obligasi atau surat utang, dan properti.

2. Pengertian risiko moderat

Kategori untuk investor yang berada di tengah-tengah ia ingin memperoleh profit yang cukup tinggi. Namun, tidak ingin terlalu mengambil resiko rugi dan kehilangan uangnya. Ya ingin keamanan investasinya seimbang dengan imbal hasil yang bisa ia peroleh. Instrumen investasi yang cocok untuk nya adalah obligasi, reksadana, emas dan properti.

3. Agresif

Investor jenis ini adalah pemburu keuntungan besar. Iya menomorduakan risiko investasi. Iya mempunyai toleransi yang sangat longgar terhadap risiko. Biasanya, investor jenis ini adalah seorang pengambil risiko. Namun, tetap penuh perhitungan. Investasi saham sangat cocok untuk investor di kategori ini.

Baca Juga: Alasan Berinvestasi

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Cek Pengertian Profil Risiko Investasi Aman dan Efektif, dimana dari berbagai jenis yang sudah diuraikan diatas, banyak faktor yang menentukan seseorang dalam memilih jenis tersebut antara lain faktor umur, tujuan keuangan, periode investasi, pengetahuan dan pengalaman. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel investasi berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: Fachri

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *