5+ Struktur Copywriting Yang Menghipnotis Para Pembaca

By | Agustus 30, 2019

Fachri Aja, 5+ Struktur Copywriting Yang Menghipnotis Para Pembaca | Apakah Anda tahu tentang struktur copywriting yang menghipnotis ?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang struktur copywriting yang menghipnotis pada iklan. Copywriting yang power akan menjadi satu ‘alat bantuan’ yang sangat baik untuk bisnes anda. Disini kami kongsikan kenapa anda sangat-sangat perlu copywriting yang POWER untuk bisnis Anda. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai struktur copywriting yang menghipnotis secara jelas dan lengkap dibawah ini.

5+ Struktur Copywriting Yang Menghipnotis Para Pembaca Pada Iklan

5+ Struktur Copywriting Yang Menghipnotis Para Pembaca

5+ Struktur Copywriting Yang Menghipnotis Para Pembaca

Nah, dari sekian banyak teknik, pasti akan ada teman-teman yang kebingungan memilih teknik yang cocok. Jadi daripada bingung. Kami bantu pilihkan teknik yang terbukti ampuh dan efektif untuk digunakan ya.

Baiklah, mari kita mulai artikel kali ini. Inti materi yang dirangkum ini sebenarnya adalah turunan dari Ilmu Persuasi. Dari seluruh ilmu marketing yang pernah Saya pelajari, jujur saja ilmu ini adalah ilmu yang paling banyak marketer sukai.

Lain kali, jika Anda ada waktu, kami sarankan untuk pelajari ilmunya, karena memang bermanfaat banget untuk bisnis dan juga kehidupan. Di artikel ini, Kami hanya jelaskan pengertiannya saja ya. Jadi sederhannya, Persuasi adalah cara berkomunikasi untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang lain.

Dengan mempelajari ilmu ini, kita seperti menemukan jalan pintas untuk bisa melakukan komunikasi yang efektif. Tapi walaupun pengertiannya begitu, jangan dianggap negatif ya. Kita pakai ilmunya untuk hal-hal baik saja. Lalu bagaimana penerapannya dalam copywriting?. Jadi,kami akan turunkan langsung ke aplikasi lapangan.

6 + 1 contekan untuk membuat copywriting yang lebih mempengaruhi.

Anda bisa pakai 6 + 1 teknik ini untuk membuat copywriting lebih menarik. Kami jelaskan satu persatu ya tekniknya. Silahkan gunakan dalam copywriting Anda nanti.

1. Psikologi angka

5+ Struktur Copywriting Yang Menghipnotis Para Pembaca

5+ Struktur Copywriting Yang Menghipnotis Para Pembaca

Adanya angka dalam copywriting, akan menaikan kepercayaan pembacanya. Contohnya bagaimana?. Daripada kita menuliskan. Produk ini sudah dipakai banyak orang. Lebih baik tuliskan

Sudah lebih dari 10.000 orang yang menggunakan produk ini

Mana yang kelihatan lebih meyakinkan?. Kalimat pertama? atau kalimat yang ada angkanya?. Begitulah, Dengan angka maka copywriting kita akan terasa berbeda. Adanya angka akan membuat copywriting mudah dicerna oleh target pasar. Anda bisa menerapkannya dalam kalimat-kalimat seperti :

  • Kemarin, 233 paket sudah terkirim.
  • Sudah 765 orang yang join waiting list
  • 1492 orang telah jadi alumni program ini
  • 8 dari 10 wanita merekomendasikan produk ini
  • Turun 3 kg dalam 1 minggu
  • Potensi penghasilan 3 sampai 5 juta dalam sebulan
  • Jumlah pelanggan naik sampai 2 kali lipat
  • Melipatgandakan penjualan sampai 400%
  • Sisa 5 seat lagi, maka kuota workshop akan full
  • Waktu Anda kurang dari 24 jam lagi
  • Dan lain-lainnya

2. Sugesti Efek

5+ Struktur Copywriting Yang Menghipnotis Para Pembaca

5+ Struktur Copywriting Yang Menghipnotis Para Pembaca

Maksudnya pola kalimat khusus untuk mempengaruhi pembaca copywriting kita tanpa mereka sadari. Yang bagian ini, sudah mengarah ke ilmu psikologi. Kalau dijelaskan, akan sangat panjang sekali. Jadi, kita langsung ke contoh kalimatnya saja ya. Contohnya

Sebelum (sugesti)

Sebelum Anda baca pesan ini sampai selesai,

Dengan kalimat barusan, artinya secara tidak langsung kita meminta penerima copywriting kita untuk baca sampai selesai.

Bisa juga dipakai untuk :

  • Sebelum Anda daftar nanti,
  • Sebelum Anda miliki produknya
  • Sebelum Anda menghubungi nomor diatas,
  • Sebelum Anda ambil bonusnya,

Masih ada kalimat lain yang bisa digunakan, seperti Pilih mana? ambil sekarang dan dapat biaya lebih murah, atau ambil nanti saat harga kembali normal?. Kalau diberikan pilihan begitu, kira-kira pilih yang mana?. Ini memberikan sugesti dengan pilihan timpang. Jadi kita bisa menyetir jawaban pembaca copywriting Anda.

Karena

Kata ini sangat ajaib dalam dunia copywriting, Jadi, kata Karena akan membenarkan kalimat sebelumnya.

Misal :

  • Kenapa produk ini bisa laris? Karena . . .
  • Kenapa Anda harus miliki buku ini? karena . . .
  • Kenapa penawaran ini sangat rugi jika dilewatkan? karena . . .

Jika membaca kalimat diatas, orang akan fokus ke alasannya, disaat itulah sugesti masuk. Dan terakhir, memasukan sugesti dengan kata otomatis

Contohnya :

  • Saat Anda daftar setelah baca pesan ini, otomatis langsung dapat bonusnya
  • Untuk pemesanan sekarang, otomatis dapat potongan harga

Sekilas terlihat seperti satu kesatuan kalimat, padahal ada sugesti yang ditanamkan disana.

3. Ada testimoninya

5+ Struktur Copywriting Yang Menghipnotis Para Pembaca

5+ Struktur Copywriting Yang Menghipnotis Para Pembaca

Dalam dunia pemasaran, Testimoni pelanggan yang puas adalah senjata yang sangat effektif. Dalam beberapa kasus, Testimoni pengguna produk, akan jauh lebih diperhatikan di banding kalimat promosi penjualnya. Karena itu, mulai sekarang jangan remehkan testimoni pengguna produk Anda,

Simpanlah baik-baik testimoni yang diberikan konsumen, kumpulkan dalam folder khusus. Setelah itu, pilihlah testimoni yang powerfull, dan meyakinkan. Masukan testimoni itu ke dalam Copywriting Anda. Anda bisa tuliskan.

Seperti kata mereka yang sudah pakai produk kami.

  • (Isi Testimoni) – Nama, pekerjaan

Bagusnya jika mencantumkan copywriting, maka berikan minimal 3 testimoni. Sebaik-baiknya testimoni adalah testimoni yang nyeplos keluar dari konsumen. Tapi tidak menutup kemungkinan, Anda juga boleh meminta secara langsung kepada konsumen Anda, sah-sah saja.

Saat meminta jangan sampai salah bertanya ya.  Jangan katakan “Boleh minta testimoninya kak?”. Kalau bertanya seperti itu yang ditanya akan jawab antara boleh atau tidak. Sebaiknya katakan

Apa yang kakak rasakan setelah menggunakan produk kami?

Kalau memang bermanfaat, mereka akan memberikan feedbacknya positif. Kenapa testimoni kami masukan kedalam teknik yang powerfull dalam copywriting?. Disadari atau tidak, sebenarnya testimoni bisa digunakan untuk mengkikis keraguan calon pembeli.

Jadi, jika selama ini Anda susah meyakinkan calon pembeli, jangan coba jelaskan dengan bahasa Anda. Karena itu akan terlihat seperti Anda memaksa mereka. Nanti bukannya transfer, yang ada malah risih.

Sebaiknya, jika ada calon pembeli yang ragu. Anda kirimkan saja screen shot testimoni pelanggan yang puas.
Biarkan calon pembeli berfikir dan terpengaruh tanpa perlu Anda menjelaskan sampai berbusa. Silahkan dicoba ya.

Saran kami saat menerima testimoni tetap jaga hati ya. Pujian tidak lantas membuat kita mulia, apresiasi terhadap produk kita tidak lantas membolehkan kita jadi orang yang sombong. Karena itu, saat dapat testimoni, nikmati, tapi cukup sekedarnya. Bersyukur jika ada konsumen yang puas, dan tetap jaga mutu bahkan meningkatkannya. Oke?

4. Cerita Sukses

5+ Struktur Copywriting Yang Menghipnotis Para Pembaca

5+ Struktur Copywriting Yang Menghipnotis Para Pembaca

Kalau di teknik sebelumnya hanya mengambil kalimatnya dan memasukan dalam copywriting. Maka kali ini mengembangkannya dalam bentuk cerita. Cerita punya efek yang luar biasa. Daripada pesan biasa, cerita akan lebih cepat mengakses alam bawah sadar. Perhatikan anak kecil, Mereka lebih cepat menghapal cerita dibanding nasihat-nasihat yang diberikan orang tuanya.

Hal ini juga berlaku di Copywriting. Dimana cerita akan lebih mudah dicerna pembaca copywriting Anda. Karena hal inilah yang kami harus katakan.  Jika Anda ingin menjual produk lebih laris lagi, belajarlah untuk menjual dalam bentuk cerita.

Nah, apa yang diceritakan?. Ceritakanlah kesuksesan pengguna produk Anda. Ceritakan awal mula kenal dengan konsumen tersebut. Ceritakan bagaimana dia bisa menggunakan produk Anda. Dan tentu saja, ceritakan apa yang berubah semenjak menggunakan produk Anda.

Anda bisa pakai frasa seperti ini

  • Awalnya bisa kenal dengan . . . karena . . .
  • Lama kami interaksi, . . . . mulai bercerita masalahnya. .
  • Dia bercerita kalau . . . .
  • Setelah mendengar keluhannya, Saya tawarkan . . . .
  • Sekarang. . .

Itu contoh frasa sederhana, Anda boleh mengembangkan dengan gaya Anda sendiri. Cara sederhana ini bisa mendongkrak penjualan Anda Seperti yang kami katakan, Cerita akan mudah mempengaruhi seseorang. Silahkan berlatih menulis cerita, pasti gak ada ruginya.

5. Endorsement

Bagi yang belum tahu endorsement. Gampangnya endorsement itu adalah orang lain merekomendasikan produk kita. Siapa yang merekomendasikan?. Sebaiknya jangan sembarangan orang. Akan lebih baik jika endorsement datang dari tokoh yang disukai atau di akui oleh target pasar Anda.

Ingat, kata kuncinya adalah disukai atau diakui. Jadi, jika ada orang yang memnuhi kualifikasi diatas memberikan respon positif terhadap produk Anda, simpan respon itu dan kutip kata-katanya di copywriting Anda. Contoh frasanya seperti

Kata (sebut nama tokoh) tentang produk ini
(tulis kutipannya)

Atau

Kualitasnya tidak perlu diragukan, (nama tokoh) saja merekomendasikannya.
Katanya (tulis kutipannya)

Oh ya, Satu lagi dan yang paling penting. Jika menggunakan teknik ini, maka Anda harus menyebut nama orang yang dikenal target pasar ya. Kalau tidak dikenal, ya artinya penerapan strateginya salah.

6. Strategi Woro-woro

5+ Struktur Copywriting Yang Menghipnotis Para Pembaca

5+ Struktur Copywriting Yang Menghipnotis Para Pembaca

Karena Anda ada di zaman saat orang bebas berkomunikasi lewat social media, maka Anda harus paham bahwa ada satu hukum yang sifatnya mutlak. Apa hukumnya?. Yaitu, semua orang tidak 24 jam ada didepan Hpnya. Jadi, jangan berharap ketika Anda menyebar iklan, lalu disaat yang sama semua target pasar Anda akan membuka iklannya saat itu juga. Ingatlah bahwa waktu orang pegang Hp berbeda-beda.

Prospek Anda tidak online di jam yang sama dengan Anda. Itulah kenyataannya. Lalu harusnya seperti apa?. Nah, jika ingin hasil copywriting maksimal, maka sebelum promo, coba woro-woro dulu. Di pesan sebelumnya, beritahukan target pasar Anda bahwa akan ada promo. Jadi, bukan buka promo begitu saja. Banyak sekali kelebihan strategi ini.

Bisa jadi kesempatan Anda survey produk

Kalau yang menunggu produknya sedikit, maka jangan promo dulu. Pendekatan aja lagi Atau bagus juga untuk Anda
Dengan melakukan ini, seperti memberi kesempatan kepada target pasar agar mereka menyisihkan uangnya untuk ikut promo yang Anda tawarkan.

Banyak sekali kasus penjualan yang tidak dapat pembeli karena penjualnya membuka promo secara mendadak. Tiba-tiba saja dibuka, tiba-tiba saja di tutup. Jika sering begini, yang ada pasar kaget, dan malah merespon dengan tidak ikut promo. Karena itu, sebelum promo, Anda bisa selipkan pesan seperti

Kesimpulannya adalah jika ingin meledakan penjualan, maka jangan mengadakan promo tiba-tiba. Cara ini disebut dengan Indirect Communcation atau komunikasi tidak langsung. Ingatlah bahwa target pasar memiliki aktivitas lain, bukan hanya untuk menyimak iklan kita.

Poin Tambahan, Perbanyak riset dan belajar Ingin copywriting Anda lebih menghasilkan?. Maka tidak ada cara lain selain banyak-banyak belajar. Orang yang belajar puluhan kali, akan berbeda dibanding yang hanya belajar sekali. Kejar banyak sumber ilmu, bisa dari buku, guru, atau pelatihan-pelatihan langsung.

Selain belajar dari banyak sumber, riset kompetitor Anda. Mereka yang produknya sama tapi penjualannya lebih banyak, coba amati copywritingnya, pelajari, modifikasi. Saran kami, jangan hanya mengamati 1 orang saja.
Karena jika Anda hanya dapat sumber dari satu orang, itu artinya nyotek.

Baiknya, amati dari banyak orang sekaligus. Karena jika Anda mengamati dari banyak orang, itu namanya riset. Kemudian, jujur saja harus dikatakan bahwa cara belajar copywriting paling efektif adalah dengan praktik menulis langsung.

Itulah kenapa, tugas-tugas di Instant Copywriting ini kebanyakan isinya meminta Anda menulis. Semakin Anda sering menulis, maka Anda akan semakin lihai. Sedikit cerita, banyak teman-teman untuk dapat 50 kata saja, sudah harus berfikir sehari penuh.

Mungkin karena sering latihan, sekarang sehari mereka bisa menulis banyak konten sekaligus. Bahkan, artikel yang Anda baca ini, mungkin isinya lebih dari 2.000 kata dan kami mengerjakannya hanya dalam waktu kurang lebih 3 jam saja.

Karena memang prinsipnya, Hari dimana kita berhenti belajar, adalah hari dimana kita berhenti tumbuh. Kami paham bagi sebagian orang belajar itu memang melelahkan. Tapi sebenarnya jauh lebih melelahkan menjalani masa depan jika kita tidak belajar dari sekarang. Karena itu, tanamkan ke diri Anda semangat untuk terus belajar ya.

Baca Juga: Rumus Copywriting Social Media Yang Menarik Konsumen

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5+ Struktur Copywriting Yang Menghipnotis Para Pembaca, dimana

Ada 6 + 1 teknik yang bisa Mas Ulum coba agar copywritingnya semakin kuat

  • Psikologi Angka
  • Sugesti Efek
  • Testimoni
  • Cerita sukses
  • Endorsement
  • Strategi woro-woro
  • Dan tambahannya adalah belajar.

Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bisnis berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *