5 Penampilan Tips Interview User Untuk Fresh Graduate

By | November 27, 2019
5
(1)

Fachri Aja, 5 Tips Interview User Untuk Fresh Graduate | Apakah Anda tahu tentang tips interview user?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang tips penampilan interview user. Saat kita dihadapkan dalam sesi user interview Anda harus mempersiapkannya secara matang. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai tips interview user secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Penampilan Tips Interview User dan HRD Untuk Fresh Graduate, Agar Sudah Pasti Diterima

5 Penampilan Tips Interview User Untuk Fresh Graduate

5 Penampilan Tips Interview User Untuk Fresh Graduate

Setelah lolos dari tahap interview pertama, selanjutnya Anda akan menjalani interview lanjutan bersama user dan kepala divisi. Ini merupakan kesempatan emas untuk menunjukkan kesan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat dan potensial.

Interview bukan sekadar datang, lalu menjawab beberapa pertanyaan user ataupun HRD. Tapi lebih dari itu, bagaimana Anda membawa diri juga membawa arti dan turut dinilai. Pastikan Anda memberikan kesan yang baik dengan tampilan yang baik saat interview. Oleh karena itu, simak yuk tips penampilan yang dijamin bisa bikin user terpesona saat Anda interview berikut ini.

1. Perhatikan juga gaya rambut

Bagi Anda yang tidak menggunakan hijab, sangat penting untuk memperhatikan gaya rambut saat interview. Jangan biarkan rambutmu yang tidak tertata dengan baik dan membuat HRD atau user menjadi risih karena rambutmu yang acak-acakan.

Pastikan rambut Anda rapi dan nampak profesional. Untuk perempuan yang berambut panjang tinggal menggunakan model kuncir kuda saja. Sementara yang rambutnya pendek, bisa menata rambutnya supaya tidak keluar-keluar dan lepek dan untuk Anda yang pria gunakan minyak rambut agar Anda bisa lebih memastikan rambut Anda rapi dan Anda tidak terlihat kusam.

2. Perhatikan setelan pakaian

Sesi interview atau wawancara merupakan saat di mana Anda dan calon tempat bekerja Anda bertemu untuk pertama kali. Tentu saja momen ini tidak boleh Anda isi memberikan kesan pertama yang buruk. Terutama dari aspek penampilan, yang akan pertama kali dinilai calon atasan Anda.

Jika Anda melamar ke perusahaan yang cukup formal, untuk perempuan busananya seperti setelan, blazer, kemeja, rok, atau gaun cantik juga bisa Anda pakai, untuk yang pria Anda bisa menggunakan kemeja. Pakaian-pakaian tersebut bisa menimbulkan tampilan profesional.

3. Perhatikan aroma tubuh

Psikolog klinis dan relationship, Denrich Suryadi, M. Psi, menjelaskan kalau aroma wangi berkaitan dengan emosi dan mood. Tak

hanya untuk diri sendiri tapi juga orang di sekitar termasuk lingkungan kerja. Ketika seseorang mengalami masalah bau badan maka dapat berdampak pada kariernya ke depan.

Pakailah deodoran pada ketiak agar segar, kering, dan tidak menimbulkan burket. Bayangkan saja Anda memasuki ruang kecil dengan AC cukup kuat, sementara aroma tubuhmu tidak sedap? Akan membuat tidak nyaman kan? Untuk kenyamanan ekstra, lakukan perlindungan kedua dengan menyemprotkan parfum. Pilih yang aromanya lembut dan tidak terlalu kuat.

4. Perhatikan motif pakaian

Ada 2 tipe berpakaian saat interview, yaitu formal dan kasual. Hal ini tentu disesuaikan dengan tipe perusahaan tempat Anda hendak menjalani interview. Misalnya, apakah perusahaan tergolong korporat yang kaku, atau perusahaan startup yang santai.

Meski begitu, kunci dari keduanya adalah berpakaian dengan rapih, tidak kusam, atau bahkan asal-asalan. Sekalipun perusahaan tersebut adalah perusahaan startup yang santai, pastikan Anda memberikan kesan yang baik dengan memilih tipe pakaian seperti smart casual atau semi formal.

Hindari motif pakaian yang terlalu berkesan meriah. Motif-motif pakaian seperti bunga, binatang, dan abstrak bisa mendistraksi pewawancara. Jadi, pilihlah motif pakaian yang lebih sederhana, seperti motif garis atau bahkan tidak bermotif sama sekali.

5. Pilihan sepatu

Berpenampilan menarik pun tak hanya demi mendapat apresiasi dari orang lain saja, tapi juga untuk diri sendiri. When you know you look good, you also will feel good too dan menambah rasa percaya diri saat berhadapan dengan pewawancara.

Termasuk urusan memilih sepatu yang akan dipakai saat wawancara kerja. Kami percaya memakai sepatu yang tepat bisa membawa langkah Anda ke banyak peluang. Tapi, sepatu apa yang paling tepat untuk interview? Should you wear heels or flats?.

Jangan kenakan sepatu dengan hiasan berkilau atau mencolok saat wawancara kerja ya. Pakailah Sepatu yang sesuai dengan pakaian dan tidak berlebihan. Anda bisa memilih sepatu klasik tapi bergaya dengan hiasan yang sederhana dan elegan, nah pilihlah yang senada dengan warna dasar setelan jas yang Anda kenakan.

Baca Juga: 5 Pertanyaan Interview User dan Jawabannya Untuk Pemula

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Penampilan Tips Interview User Untuk Fresh Graduate, dimana Anda saat interview dengan user yang artinya selangkah lagi Anda akan bisa diterima kerja. Namun, sebagian orang beranggapan jika apakah interview user sudah pasti diterima karena belum tentu diterima alasannya bisa jadi faktor penampilanmu yang buruk yang membuat gagal diterima. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *