Apa Itu Beda Resume Dengan CV ?

By | Februari 27, 2019

Fachri Aja, Apa Itu Beda Resume Dengan CV | Tanpa basa-basi lagi, panduan kali ini seputar beda resume dengan CV. Dalam artikel yang kami bagikan pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin tentang beda resume dengan CV melamar kerja. Wajar kalau Anda belum tahu bedanya resume dan curriculum vitae, terutama jika baru lulus kuliah. Oleh karena itu, Anda bisa memulai membaca artikel mengenai beda resume dengan CV secara lengkap dibawah ini.

Beda Resume Dengan CV Adalah

Beda Resume Dengan CV

Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dan CV

Pasti diantara Anda ada yang masih bingung mengenai perbedaan antara CV dan Resume. Keduanya sebetulnya hampir sama, hanya saja ada sedikit perbedaan di isi, tujuan dan panjang tulisan. Resume yaitu kesimpulan dari keahlian, pengalaman dan pendidikan anda yang sepatutnya ditulis kurang dari dua halaman.

Simak Juga: 3 Contoh Summary Lamaran Kerja Fresh Graduate

Ingat, jangan lebih dari dua halaman. Tujuan penulisan resume merupakan untuk memberi tahu kualifikasi Anda secara singkat, padat dan jelas sehingga mudah dimengerti walaupun dibaca sekian detik. Oleh karena itu sebelum mencari loker terkini persiapkan lebih dulu CV atau summary Anda dengan baik.

Curriculum vitae (CV) dan resume tak jarang muncul dalam diskusi seputar pencarian kerja. Ketika melihat CV, kita kerap kali menyimpulkan jika format lain dari CV itu adalah resume. Maka, anggapan itu tak pas.

Apa itu Curriculum Vitae (CV) ?

Seperti halnya resume, CV yakni dokumen yang mendeskripsikan secara mendetail latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, serta pencapaian dalam profesi dan bidang akademik Anda. Sebagai informasi tambahan, bisa dicantumkan pengalaman mengajar dan riset, publikasi, beasiswa, lisensi profesional, penghargaan dan semua kabar lain yang relevan terhadap posisi yang Anda lamar.

CV dirancang untuk merangkum perjalanan karier Anda secara utuh dan mendalam. Mulailah dengan membuat daftar segala kebutuhan tersebut, lalu dibentuk secara pas sesuai dengan kategorinya. Pastikan Anda mencantumkan tanggal pada semua publikasi yang Anda tampilkan.

Banyak CV ditulis dalam format kronologis. Data dalam CV juga tidak dikuasai hanya spesifik dalam bidang tertentu. Anda bisa menuliskan pengalaman kerja dua tahun dan kemudian pengalaman magang kerja selama dua bulan. Anda tidak perlu membatasi letak berita seperti dalam rumusan.

Intinya, Anda cuma perlu menambahkan data terupdate terus menerus ke dalam CV. Modifikasi yang dibutuhkan bisa Anda sampaikan dalam surat lamaran.

Apa resume itu ?

Resume sederhana, resume adalah CV yang lebih singkat, fleksibel dan serba guna. Dokumen ini merangkum pengalaman profesional Anda, menekankan kemampuan Anda dan memberi tahu perusahaan perihal tujuan karier Anda. Maksudnya bersifat fleksibel karena tiap bagiannya bisa diatur sedemikian rupa untuk menekankan pencapaian tertentu.

Resume hanya menjadi rumusan pengalaman profesional, resume lebih bersifat sebagai alat pemasaran yang konsentrasi pada kekuatan Anda. Data di resume tak semestinya ditulis secara kronologis. Konten pada resume dapat diubah sesuai dengan keperluan lowongan profesi yang sedang Anda lamar.

Baca Juga: Tutorial Membuat CV Dengan Microsoft Word Menarik

Kesimpulan

CV atau Curriculum Vitae umumnya ditulis lebih panjang dan terdiri dari dua halaman atau lebih yang menerangkan kesimpulan latar belakang pendidikan Anda, penghargaan yang pernah Anda dapat serta prestasi apa saja yang sudah Anda capai selama ini. Dalam menulis resume hal ini juga diceritakan dengan secara ringkas tidak seperti di CV yang penyampaiannya dikenalkan secara rinci dan lebih detil.

Referensi hal apa yang tidak perlu dicantumkan dalam CV. Anda tidak perlu mencantumkan foto, riwayat gaji, alasan stop kerja di perusahan sebelumnya serta surat saran dari perusahaan sebelumnya. sepatutnya dilampirkan terpisah dan menurut permintaan pihak perusahaan yang baru.

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Apa Itu Beda Resume Dengan CV ?, dimana meskipun ada beberapa orang yang hanya mengirim salah satu dari resume letter, tetapi tidak ada salahnya untuk membuat kedua nya yaitu resume dan curriculum vitae saat ingin melamar pekerjaan. Jika penjelasan di atas berguna buatmu, tidak ada salahnya share artikel ini ke media sosial, karena siapa tahu ada orang lain yang juga akan terbantu sepertimu. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: Fachri

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *