Cara Mendapatkan Inspirasi Desain Untuk Membuat Logo

By | April 19, 2019

Fachri Aja, Cara Mendapatkan Inspirasi Desain Untuk Membuat Logo | Apakah Anda tahu tentang cara mendapatkan inspirasi desain?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang ide cara mendapatkan inspirasi desain. Sebelum Anda memulai bisnis yang bisa Anda baca tentang langkah memulai usaha dari nol tersebut. Saat itulah Anda harus memikirkan cara mendapatkan ide kreatif untuk brand Anda. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai cara mendapatkan inspirasi desain secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Ide Cara Mendapatkan Inspirasi Desain Karena Desain bukan Hanya Hasil, Desain adalah Proses

Cara Mendapatkan Inspirasi Desain Untuk Membuat Logo

Ide Cara Mendapatkan Inspirasi Desain Karena Desain bukan Hanya Hasil, Desain adalah Proses

Banyak bisnis yang akhirnya mempercayakan desain logo ataupun corporate identity mereka kepada sanak saudara ataupun teman dengan kemampuan desain yang pas-pasan atau menggunakan jasa desain grafis crowd sourcing dengan harga yang sangat murah. Apakah hal tersebut salah?. Tidak salah, hanya saja tidak ideal.

Corporate identity bukan hanya sekedar bagus dilihat, tapi harus dibuat dengan analisa dan proses yang layak dalam memahami berbagai aspek dari perusahaan seperti value yang ingin disampaikan, image yang ingin dibangun, penyesuaian dengan target pasar ataupun klien, perkembangan di masa depan, estetika, dan berbagai aspek lainnya.

Oleh karena itulah desain grafis dan komunikasi visual diajarkan sebagai disiplin ilmu yang independen. Masih ragu dengan pentingnya desain dan komunikasi visual? Berikut ini adalah beberapa cara bagaimana desain dan komunikasi visual membantu bisnis Anda.

Desain Brand

Tentunya kita ingin bisnis kita berkembang dan bertambah besar. Perencanaan branding yang tepat akan membantu hal tersebut. Desainer Brand dapat membantu perusahan untuk menciptakan image yang konsisten dalam berbagai aspek dari bisnis Anda yang memberikan pesan komunikatif atas perbedaan yang dimiliki oleh jasa ataupun produk Anda.

Kita ambil contoh Adidas dengan elemen grafis khasnya dengan 3 Stripes. Semua produk yang dirancangnya memiliki 3 garis (stripes). Hal ini menciptakan branding yang khas dan memberikan kesan yang mudah diingat oleh masyarakat. Contoh lainnya Apple dengan konsep “simplicity”. Produk yang diproduksi selalu simple dan elegan dengan warna netral perak (abuabu), hitam dan putih.

Desain ini tentunya disesuaikan dengan profil dan selera target pasar. Bicara mengenai masalah pentingnya desain logo perusahaan memang tak ada habisnya, ibaratnya logo adalah pintu gerbang utama client melihat sebuah perusahaan atau produk. Design Logo membentuk image sebuah brand yang akan terus melekat pada brand tersebut.

Cara membuat deskripsi logo sangat diperlukan dikarenakan logo desain itu penting dikarenakan desain logo yang unik menarik dan mudah diingat akan menguntungkan perusahaan atau produk yang dibawanya. Sangatlah penting untuk memilih desain logo yang sesuai dengan citra perusahaan yang ingin Anda bentuk.

Identitas sebuah perusahaan harus benar-benar dibentuk secara hati-hati terlebih lagi semua itu tertuang pada sebentuk logo. Design logo merupakan kesan pertama yang akan didapatkan customer mengenai perusahaan Anda. Walaupun Anda memiliki ide cemerlang mengenai image perusahaan seperti apa yang ingin Anda tampilkan.

Namun, tentunya Anda membutuhkan para desainer grafis berkualitas dan memiliki kemampuan menyeluruh untuk menciptakan desain logo yang akan menjadi identitas perusahaan Anda. Namun tentunya amatlah dibutuhkan gambaran yang amat jelas mengenai perusahaan Anda sehingga para desainer grafis yang Anda tunjuk bisa mewujudkannya menjadi desain logo yang sesuai.

Potret yang clear mengenai perusahaan, produk atau services yang Anda jual serta visi dari perusahaan Anda. Tentunya akan membantu konsumen untuk mengidentifikasi kekuatan perusahaan Anda dibanding para kompetitor. Tak hanya itu dengan menemukan keunikan dari perusahaan Anda maka akan mempermudah tugas para desainer grafis untuk menuangkan identitas perusahaan Anda pada sebuah logo.

Logo Brand

Cukup kuat untuk membangun sebuah brand yang mudah diingat, serta menjanjikan produk dan layanan berkualitas bagus. Salah satu pembentukan brand pada sebuah perusahaan adalah dengan memiliki sebuah logo yang mencerminkan image serta visi dari perusahaan itu sendiri.

Untuk mensukseskan proses dari brand awareness tersebut. Maka tentunya client dalam hal ini pemilik perusahaan harus mengkomunikasikannya kepada para desainer grafis yang akan membuat desain logo sehingga customer akan memiliki pemahaman
yang menyeluruh mengenai citra, yang ingin dibangun oleh pemilik perusahaan.

Sekali lagi sebuah logo adalah citra sebuah perusahaan sehingga Anda tidak bisa tergesa-gesa memilih logo untuk mencitrakan perusahaan Anda. Cara mendapatkan ide kreatif misalnya saja nih Anda berdiri di jalan raya. Anda melihat poster seorang wanita cantik yang sedang menikmati es krim coklat dan dibagian kanan bawah terdapat nama perusahaannya.

Apa yang pertama kali terlihat oleh Anda wanita tadi atau nama perusahaan tersebut? Tentunya wanita cantik dengan ice creamnya tersebut, bisa dipastikan Anda tak membaca apa yang tertulis di bagian bawah poster tersebut.

Baca Juga: Pentingnya Personal Branding

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Cara Mendapatkan Inspirasi Desain Untuk Membuat Logo, dimana Ide yang bagus sangat penting untuk desain dan tidak ada ide yang dapat dilihat jika Anda tidak mulai membuatnya. Setiap kali Anda memiliki ide bagus, buka notebook Anda atau dapatkan kertas dan pena atau alat desain apa pun, untuk mulai merancang. Untuk yang masih bingung, bisa jasa desain grafis. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bisnis berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *