5+ Langkah Memulai Usaha Dari Nol Hingga Sukses

By | Maret 6, 2019

Fachri Aja, 5+ Langkah Memulai Usaha Dari Nol Hingga Sukses | Pada Artikel yang Anda baca kali ini dengan judul langkah memulai usaha dari nol, kami telah mempersiapkan artikel tentang langkah memulai usaha dari nol tanpa modal dengan baik untuk Anda baca dan ambil informasi didalamnya. Merintis usaha sendiri tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak hal-hal penting yang mesti Anda persiapkan. Mulai dari jenis usaha yang akan dijalankan sampai dengan segi pemasaran. Jika Anda kurang pengetahuan dan tidak serius dalam membangun usaha tersebut, usaha Anda tidak akan berkembang dan bisa mengalami kerugian. Mudah-mudahan isi postingan langkah memulai usaha dari nol yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Baiklah, selamat membaca.

Langkah Langkah Memulai Usaha Dari Nol Sendiri Dari Rumah

langkah Memulai Usaha Dari Nol Dari Rumah

langkah Memulai Usaha Dari Nol

Bagi biasanya orang, mengawali usaha itu merupakan suatu hal yang penuh tantangan dan butuh mental yang kuat. Serta kurangnya modal seringkali jadi segi yang menyebabkan niat seseorang untuk mengawali usaha jadi surut. Pada kenyataannya, modal bukanlah segi utama tetapi mentalitas seseorang lah yang menentukan.

Tentunya untuk meniti sebuah usaha pasti bukan hal yang ringan dan bisa di anggap remeh. Apalagi bagi para pemula dan lebih-lebih yang tidak miliki modal usaha sama sekali. Karena biasanya persepsi yang beredar di masyarakat Indonesia adalah mengenai fungsi utama dari modal atau perlunya banyak duit di dalam mengawali sebuah usaha.

Walaupun tak semuanya salah, tetapi sebenarnya banyak kenalan atau networking adalah fungsi penting di dalam meniti sebuah usaha tidak cuman dari fungsi dari modal itu sendiri yai uang. Hal terpenting di dalam mengawali sebuah usaha yang benar benar dari nol adalah sebuah networking yang luas dan bagus.

1. Menetapkan jenis usaha kecil-kecilan

Poin ini sangat penting sebab terjalin bersama minat Anda dan tren usaha jangka panjang. Kebanyakan orang lebih memilih usaha yang sedang booming, sebab diakui akan cepat mendapatkan uang. Hal ini bisa saja dilakukan, tetapi selalu kudu mencermati minat Anda sebagai pelaku usaha.

Bisnis yang dilaksanakan berdasarkan minat biasanya bisa bertahan lebih lama ketimbang usaha yang dilakukan ikut-ikutan saja. Misalnya Anda menyukai hal-hal berkenaan kuliner, maka model usaha yang sesuai Anda lakukan adalah usaha makanan.

Jadi, Jenis usaha yang dilaksanakan juga berpengaruh pada tingkat keberhasilannya, tambah banyak peminatnya maka tambah besar peluang untuk menaikkan atau mengembangkan usaha tersebut.

2. Tentukan Visi dan Misi bagi seorang wirausaha

Selalu ada tujuan dibalik sebuah tindakan bukan?. Begitu juga bersama usaha yang Anda coba rintis tersebut. Memiliki visi dan juga misi yang jelas juga poin penting di dalam mengawali sebuah usaha, sehingga nantinya Anda bisa fokus bersama misi dan tujuan awal di bangunnya usaha Anda.

Kebanyakan para pemula gagal sebab mereka tidak miliki tujuan yang jelas, dan pada akhirnya menyerah begitu saja. Hal ini dapat menyebabkan banyak kerugian. Maka dari itu, Anda di haruskan memiliki tujuan di awal membuat usaha sesuai minat Anda.

3. Melakukan survey usaha di lapangan

Setelah memilih model usaha, lalu kemudian Anda harus melakukan survey lapangan. Tujuan survey ini adalah untuk memperjelas tingkat persaingan, pangsa pasar, dan potensi usaha yang dapat dirintis. Survey yang dilaksanakan tidak kudu detail, tetapi lumayan pada permukaan saja sebab Anda tidak menghendaki kehabisan selagi hanya untuk survey. Lalu, apa saja yang dapat disurvey?

A. Survey perilaku konsumen

Perhatikan bagaimana perilaku costumer untuk model usaha yang dapat dirintis. Pastikan bahwa model usaha tersebut miliki banyak peminat yang miliki potensi beli yang baik.

Bisnis apapun itu pasti membutuhkan costumer yang miliki potensi beli. Semakin besar pangsa pasar model usaha tersebut maka potensinya juga tambah menjanjikan.

B. Survey tingkat persaingan

Kemungkinan besar model usaha yang menghendaki Anda rintis sudah miliki pendahulu yang jadi pesaing. Melalui survey kecil-kecilan yang Anda lakukan, nantinya dapat diketahui seberapa banyak usaha sejenis, bagaimana mutu produk, mutu pelayanan, kompetisi harga, dan informasi lainnya.

Dengan jelas informasi tersebut maka Anda bisa mengambil alih cara dan langkah sehingga bisa beradu bersama usaha yang sama.

C. Survey lokasi usaha

Banyak yang menjelaskan bahwa lokasi sangat berpengaruh pada keberhasilan suatu bisnis. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab penentuan lokasi yang strategis sangat besar dampaknya bagi tingkat penjualan sebuah usaha

4. Penentuan lokasi usaha baru

Jika ingin melaksanakan penghematan di awal usaha anda yang Anda lakukan tentunya pekerjaan bisnis anda dikerjakan mulai di rumah, tentunya bermanfaat karena lebih praktis dan ekonomis. Namun memilih lokasi strategis sesuai minat usaha yang dapat Anda rintis sebenarnya sangatlah perlu.

Maka, layaknya hal cara mengawali usaha tas maka area yang cocok misalnya ada di perumahan para pekerja kantoran ataupun asrama anak – anak sekolah tentunya dapat lebih efektif sebab mereka membutuhkan tas pastinya.

5. Mempersiapkan modal kecil kecilan

Salah satu cara mengawali usaha yang harus dilaksanakan adalah buat persiapan modal, baik itu modal materil maupun modal pengetahuan berkenaan usaha. Namun, di dalam hal ini lebih kepada modal duit untuk keperluan mengawali bisnis.

Berapa modal yang diperlukan? Tentunya ini tergantung usaha yang Anda dapat mulai merintis. Semakin besar usaha yang dapat dibangun maka dapat tambah besar pula modal yang diperlukan nantinya. Modal tersebut bisa didapatkan bersama dari beragam cara.

Misalnya meminjam dari bank, mencari investor, meminjam dari keluarga dan kerabat, atau dari tabungan sendiri. Sebagai referensi, Anda bisa membaca artikel yang membahas berkenaan cara meraih modal usaha.

Namun, bagi para pemula direkomendasi untuk kenakan modal sendiri. Alasannya, semua usaha miliki risiko kegagalan. Jika modal meminjam dari bank maka bisa saja Anda keteteran untuk mengawali usaha baru sebab Anda wajib membayar pinjaman tersebut.

6. Promosi Secara Berkala

Apapun model usaha yang dirintis pasti membutuhkan pemasaran yang baik sehingga bisa berhasil dan bertahan di dalam persaingan. Cara promosi pun wajib dipilih yang sesuai bersama sesuai model usaha, di mana pada awalannya bisa saja butuh trial error.

Baca Juga: Hari Gini Bisnis Apa Ya Yang Menjanjikan

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Langkah Memulai Usaha Dari Nol Hingga Sukses, dimana Memang bukan perkara mudah dalam merintis usaha sendiri dari nol. Butuh pengorbanan biaya dan waktu agar usaha Anda bisa sukses seperti yang Anda inginkan. Ikuti langkah-langkah diatas agar kedepannya Anda dapat sukses dalam menjalankan usaha Anda. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bisnis berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: Fachri

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *