5 Pepatah Nasehat Bisnis Pemula Dari Pebisnis Sukses

By | April 20, 2019

Fachri Aja, 5 Pepatah Nasehat Bisnis Pemula Dari Pebisnis Sukses | Apakah Anda tahu tentang nasehat bisnis pemula?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang saran nasehat bisnis pemula. Menjadi pebisnis sukses sangat diharapkan bagi sebagian besar orang. Kenyataannya, merintis sebuah bisnis baru dari nol tidak semudah membalikkan telapak tangan.Untuk selalu bersemangat dalam menjalankan bisnis atau suatu usaha, Anda bisa menggunakan beberapa pepatah bisnis. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai nasehat bisnis pemula secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Kata Kata Motivasi Nasehat Bisnis Pemula Dari Pengusaha Terbaik

Anda butuh berjuang dengan semangat pantang menyerah. Tak jarang kegagalan akan menghampirimu. Itulah mengapa banyak orang yang bilang seorang pengusaha terbaik harus memiliki mental baja. Dia harus tahan banting atas segala apa yang menimpanya, termasuk kegagalan yang datang bertubi-tubi.

Ada banyak jalan menuju Roma. Tampaknya, peribahasa tersebut bisa diterapkan dalam waktu kita berusaha menuju kesuksesan. Sukses memang bisa menghampiri siapa saja. Tapi biasanya orang sukses diidentikkan dengan orang yang ora umum. Padahal anggapan itu
tidak sepenuhnya benar. Gak percaya? Mari kita simak 5 saran terbaik bisnis “nyleneh” dari para pebisnis sukses ini.

1. Paul Graham

5 Pepatah Nasehat Bisnis Pemula Dari Pebisnis Sukses

Paul Graham

Y Combinator: Don’tThink Big!

Kebanyakan motivator akan menyarankan untuk berpikir besar mengenai bisnis yang kita jalankan walaupun usaha itu masih kecil. Bahkan kita dianjurkan untuk memikirkan visi besar mengenai bagaimana bisnis kita kedepan nantinya. Tapi jika anda bertanya
ke Paul Graham maka dia akan berkata sebaliknya.

Paul melarang pengusaha untuk mengonstruksi masa depan, karena menurutnya sudah hampir pasti ‘blueprint masa depan perusahaan’ yang kita miliki sekarang akan berakhir dengan kesalahan. Baginya lebih baik untuk memulai dengan suatu konsep yang dapat dijalankan, kemudian kembangkan, dan kembangkan lagi lebih maju.

Paul mencontohkan bagaimana perusahaan seperti Facebook & Apple bermula dari sesuatu yang kecil. Pemikiran yang tidak lazim tapi didasari dengan logika yang masuk akal.

“Empirically, the way to do really big things seems to be to start with deceptively small things. The popular image of the visionary is someone with a clear view of the future, but empirically it may be better to have a blurry one”

2. Dave Goldberg

5 Pepatah Nasehat Bisnis Pemula Dari Pebisnis Sukses

5 Pepatah Nasehat Bisnis Pemula Dari Pebisnis Sukses

SurveyMonkey: Leave the office at 5:30

Kita pasti sudah banyak mendengar cerita dimana para pebisnis atau pimpinan perusahaan bekerja keras siang dan malam untuk membangun usahanya. Bekerja lembur tiap hari sepertinya sudah menjadi aturan baku. Lain halnya dengan Dave Goldberg, CEO SurveyMonkey, yang selalu pulang kantor pada pukul 05.30 sore dan begitu pula dengan pegawai-pegawainya.

Dave menyadari bagaimana pentingnya sebuah perusahaan memiliki budaya perusahaan dengan konsep “work-life balance”untuk merekrut dan juga mempertahankan pegawai-pegawai handal. Singkatnya, Dave Goldberg membuktikan bahwa anda bisa pulang on-time dari kantor dan tetap berhasil membangun bisnis yang bernilai milyaran dollar. Barangkali bos Anda harus membaca ini.

“A family-friendly environment is part of our culture. That’s part of the people we attract. We don’t have kids staying up all night playing video games and sleeping in our conference rooms most of the time”.

3. Elon Musk

5 Pepatah Nasehat Bisnis Pemula Dari Pebisnis Sukses

Elon Musk

PayPal: Seek Negative Feedback

Kecenderungan seorang pebisnis pemula adalah jatuh cinta dengan ide bisnisnya sendiri kemudian mencari teman atau kerabat yang mendukung idenya. Adapun kritikan mengenai ide bisnisnya akan diacuhkan. Elon Musk, Co-Founder SpaceX & PayPal, memiliki pendapat sebaliknya. Menurutnya, setiap pebisnis justru harus mencari negative feedback, walaupun mereka cenderung mengabaikannya.

Hal ini diperlukan untuk menguji seberapa matang konsep bisnis yang telah dirancang. Jika Anda bisa mempertahankan konsep bisnis di depan para ‘penguji’ tersebut dengan baik maka itu adalah pertanda baik. Namun jika Anda cenderung menyetujui kritikan terhadap bisnis Anda, yang mungkin ada benarnya, maka ada baiknya untuk mendengarkan kritikan tersebut.

“Always seek negative feedback, even though it can be mentally painful. They won’t always be right, but I find the single biggest error people make is to ignore constructive, negative feedback”

4. Tim Ferriss

5 Pepatah Nasehat Bisnis Pemula Dari Pebisnis Sukses

Tim Ferries

Author of The 4-Hour workweek: Don’t go all in with your business

Banyak mentor bisnis yang akan menyarankan bahwa jika Anda ingin fokus berbisnis maka Anda harus resign dari pekerjaan Anda. Dasar pemikiran yang dipakai adalah bahwa jika Anda menjadikan bisnis Anda hanya sebagai bisnis sampingan, maka penghasilannya pun akan ‘sampingan’. Anda harus memilih salah satu entah anda mau menjadi karyawan atau menjadi pengusaha.

Namun, tidak demikian halnya menurut Tim Ferriss, founder Brain QUICKEN dan penulis buku best-seller “The 4-Hour Workweek”. Dia membuktikan bahwa tidaklah mustahil membangun bisnis (BrainQUICKEN) walaupun Anda sedang bergelut dengan pekerjaan full-time. Kuncinya adalah otomatisasi sistem bisnis dan membangun bisnis pelan-pelan sampai Anda bisa berpindah sepenuhnya.

“People tend to think it’s employee or entrepreneur, but there’s a broad spectrum and you can very slowly and methodically move from one end to the other”

5. Richard Branson

5 Pepatah Nasehat Bisnis Pemula Dari Pebisnis Sukses

Richard Branson

Virgin Group: Go with your gut

Sebelum memulai suatu bisnis, biasanya para pengusaha akan melakukan studi kelayakan bisnis dan berbagai macam kalkulasi untuk mengetahui apakah suatu bisnis menguntungkan atau tidak. Bahkan Studi Kelayakan Bisnis sudah menjadi mata kuliah wajib di sekolah bisnis pada umumnya.

Uniknya,hal ini tidak berlaku bagi Richard Branson yang lebih mengedepankan ‘gut feeling’ atau apa yang dirasakan emosinya tentang suatu bisnis. Richard yakin bahwa unsur ‘fun’ itu sangat penting dalam bisnis

“I never get the accountants in before I start up a business. It’s done on gut feeling. Engage your emotions at work. Your instincts and emotions are there to help you. They are there to make things easier. For me, business is a ‘gut feeling’, and if it ever ceased to be so, I think I would give it up tomorrow”

Baca Juga: Motivasi Seseorang Menjadi Wirausaha

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Pepatah Nasehat Bisnis Pemula Dari Pebisnis Sukses, dimana Berpikirlah dengan logis, jadilah rasional dan realistis. Jangan sampai “mimpi” dan “semangat sesaat” justru menghancurkan hidup Anda selamanya. Jangan hanya terbawa perasaan sesaat, tetapi gunakan pikiran dan perasaan Anda. Berbisnislah jika memang hati dan pikiran Anda sudah yakin dengan keputusan tersebut.. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bisnis berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: Fachri

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *