5+ Cara Merekrut Reseller Via Online Untuk Bisnis Anda

By | September 19, 2019

Fachri Aja, 5+ Cara Merekrut Reseller Via Online | Tanpa basa-basi lagi, panduan kali ini seputar cara merekrut reseller. Dalam artikel yang kami bagikan pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin tentang cara merekrut reseller dan agen. Bisnis online adalah salah satu bisnis yang memiliki banyak benefit. Selain menghemat anggaran untuk toko atau tempat, juga terdapat banyak peminat karena kemudahannya. Dalam bisnis online ada yang menjadi produsen, dropshipper hingga reseller. Reseller adalah orang yang menjual kembali produk dari supplier. Namun bagi Anda yang sebagai supplier mempunyai reseller bisa mendapatkan banyak keuntungan. Cara menarik reseller tidak hanya duduk dan upload foto produk saja. Dengan menjamurnya supplier. Anda harus memikirkan bagaimana cara mencari reseller online dan membangun pasukan reseller. Oleh karena itu, Anda bisa memulai membaca artikel mengenai cara merekrut reseller secara lengkap dibawah ini.

Cara Merekrut Reseller Via Online di Instagram, Facebook, Shoppe, atau Tokopedia

5+ Cara Merekrut Reseller Via Online

5+ Cara Merekrut Reseller Via Online

Bagaimana caranya Anda mempunyai atau mendapatkan reseller, agen bahkan distributor yang banyak. Tidak hanya sekedar banyak, tapi mitra yang benar-benar serius mau menjual produk Anda, dan bisa bekerja dalam masa atau waktu yang panjang dengan hasil yang bagus.

Ya, namanya juga usaha, tentunya kita mau mendapatkan hasil yang terbaik. Tapi, hasil yang baik harus di mulai dari hal yang kecil-kecil, seperti; mensyukuri keberhasilan-keberhasilan yang sudah dicapai sekecil apapun itu.
Beberapa cara untuk mendapatkan banyak Kemitraan (Reseller, Agen, dan Distributor) :

1. Sistem order yang mudah

5+ Cara Merekrut Reseller Via Online

5+ Cara Merekrut Reseller Via Online

Sebagai Mitra, tentunya mereka butuh akses yang mudah untuk mengetahui ketersediaan stok dan melakukan proses pemesanan. Sebagai produsen atau supplier, Anda tidak hanya bersaing dalam kualitas produk, namun juga bersaing dalam pelayanan. Salah satunya adalah dengan membuat suatu sistem/cara yang bisa memudahkan mitra melakukan pengecekan stok dan pemesanan.

Walapun produknya bagus, namun jika mitra sulit melakukan pemesanan atau melakukan pengecekan stok, mereka akan memilih produsen atau supplier lain. Karena mereka butuh kecepatan waktu juga dalam pelayanan ke konsumennya. Mitra juga memikirkan produktifitas kerja, sehingga dalam waktu yang singkat, mereka bisa melayani banyak konsumen dan banyak orderan. Maka dari itu tugas Anda merapikan sistem database stok Anda.

  1. Riset tentang berbagai konsep database yang ada.
  2. Tentukan biaya yang bisa Anda investasikan untuk pembuatan dan pengelolaan database.
  3. Pilih konsep database yang mudah diakses oleh tim Anda maupun oleh Mitra.
  4. Buatlah SOP dalam pelayanan saat proses order.
  5. Buatlah SOP dalam pelayanan saat proses konfirmasi pembayaran.

2. Jumlah diskon

5+ Cara Merekrut Reseller Via Online

5+ Cara Merekrut Reseller Via Online

Hal utama yang menjadi tujuan para penjual tentunya adalah uang. Mereka berharap bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dari berdagang. Maka magnet utama untuk menjaring banyak mitra tentunya jumlah diskon yang bisa Anda tawarkan kepada mereka. Berapa rupiah margin yang bisa mereka dapatkan untuk penjualan setiap pcs-nya?.

Margin adalah selisih, bukan keuntungan. Misalnya harga jual Rp.100.000. Anda menjual ke Mitra Rp.80.000. Maka margin yang mereka dapatkan Rp.20.000. Dari nilai margin Rp.20.000 ini mereka perlu mengeluarkan berbagai biaya yaitu ongkos kirim dari supplier ke mitra biaya iklan.

Biaya packing biaya operasional (listrik, pulsa, internet, admin, sewa tempat dan lain sebagainya) Biaya penyusutan alat (laptop, handphone, kipas dan lain sebaginya) Apakah cukup margin Rp.20.000 bagi Mitra untuk bisa menutupi banyak biaya-biaya?. Bisa saja, jika Mitra mampu menjual dalam jumlah yang banyak.

Tapi, jika Mitra tidak bisa menjual banyak barang, kita perlu memperbesar nilai margin yang kita berikan ke mitra. Silakan Anda pertimbangkan. Semisal diskon yang diberikan untuk Mitra : Distributor 40% Agen 30% Reseller 20%
Jumlah diskon tidak harus baku dalam besaran %(persen). Bisa juga langsung berupa nomoninal. Misalnya Rp.10.000, Rp.15.000, Rp.100.000.

Tentunya Anda harus perhitungkan baik-baik, jangan sampai Anda mengorbankan margin diri Anda sendiri menjadi sangat kecil. Sekarang tugasnya adalah giliran Anda untuk menentukan besaran diskon yang bisa Anda berikan kepada mitra.

3. Sistem reward untuk reseller

5+ Cara Merekrut Reseller Via Online

5+ Cara Merekrut Reseller Via Online

Selain dari nilai margin yang menjadi faktor pertimbangan mitra. Reward juga menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang senang terhadap target. Dalam perhitungan laporan keuangan, reward ini kami masukkan dalam biaya pemasaran. Hati-hati jangan terjebak, jika Anda salah hitung, bisa jadi Anda buntung. Semisal konsep reward yang diberikan untuk Mitra:

a. Reward Harian

Kami menentukan batas minimal pencapain yang wajib didapat oleh mitra untuk bisa mendapatkan reward harian ini. Bisa jadi, dalam sehari, lebih dari 1 Mitra yang mendapatkan rewardnya. Karena ini sistemnya bukan kompetisi, namun pencapaian. Jadi semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mendapatkan rewardnya. Apa rewardnya?. Anda bisa menyediakan berbagai produk yang Anda jual untuk hadiahnya. Dengan nilai yang sudah diperhitungkan, sehingga tidak membahayakan kondisi keuangan.

b. Reward Mingguan

Dari target reward harian, diakumulasi menjadi target mingguan. Misalnya target sehari Rp.2.000.000, maka target mingguan menjadi Rp.2.000.000 x 5 hari. Jika ada Mitra yang mencapai Rp.10.000.000, maka dia berhak mendapat reward mingguan. Hadiah yang diberikan tentunya lebih besar dari reward harian.

c. Reward Bulanan

Sama halnya dengan reward mingguan. Reward bulanan pun merupakan akumulasi dari reward mingguan. Rp.10.000.000 x 4 Minggu = Rp.40.000.000.

d. Reward Tahunan

Berbeda dengan reward harian, reward mingguan, hingga bulanan. Reward tahunan hadiahnya lebih menggiurkan. tiket umroh, sepeda motor, laptop, handphone, logam mulia. Hadiah apa yang bisa dibawa pulang oleh mitra adalah sesuai dengan pencapaian yang mereka dapat secara akumulasi selama 1 tahun. Ada jumlah point tertentu yang harus dicapai oleh Mitra sesuai dengan besarnya nilai hadiah yang diberikan.

Kira-kira, Konsep reward seperti apa yang akan Anda terapkan untuk menarik Mitra baru dan menjadi penyemangat bagi Mitra yang sudah bergabung?. Nah, sekarang tugasnya, silakan rumuskan sendiri konsep reward yang akan diterapkan pada bisnis Anda.

  • Konsep Reward :……………..
  • Hadiah yang ditawarkan :………………..

Pesan Penting!
Jangan lupa memasukkan biaya reward ini dalam harga jual. Jangan sampai profit Anda tergerus karena reward yang Anda berikan kepada Mitra.

Pelajari mengenai:

  1.  Cara menentukan harga jual
  2. Cara pencatatan keuangan
  3. Cara membuat laporan keuangan
  4. Cara membaca laporan keuangan untuk pengambilan keputusan dan kebijakan dalam bisnis

4. Program pembinaan mitra

5+ Cara Merekrut Reseller Via Online

Mencari agen

Jika Anda telah mengalami peningkatan pencapaian mitra. Maka seharusnya Anda edukasi mengenai cara-cara jualan online. Dalam hal ini semisal dilakukan adalah bekerjasama dengan pelatihan internet marketing. Jadi memberikan beasiswa kepada mereka untuk mengikuti berbagai pelatihan tersebut yang berkenaan dengan ilmu pemasaran online.

Para mitra mempunyai semangat jualan yang bagus, namun terkendala karena ketidaktahuan mereka terhadap cara berjualan yang baik, cepat, efektif dan ampuh untuk menghasilkan penjualan yang banyak. Oleh karena itu, memberikan pembinaan dan pelatihan bisa menjadi salah satu nilai jual kita untuk menarik Mitra baru mau bergabung.

Pembinaan mitra bisa Anda lakukan dengan barbagai cara, di antaranya yaitu memberikan beasiswa untuk mengikuti pelatihan pemasaran. Anda memberikan secara langsung kepada mitra melalui media grup chating. Undang narasumber yang sesuai dengan kapasitas keilmuan yang dibutuhkan mitra terhadap ilmu pemasaran. Pelaksanaannya bisa secara online atau offline. Jadi tugas Anda adalah.

  1. Survey kepada para Mitra Anda, apa saja kendala mereka dalam pemasaran :
  2. Tentukan konsep pembinaan yang ingin Anda terapkan :
  3. Berapa anggaran yang bisa Anda berikan untuk program ini. Saya memasukkannya dalam biaya pemasaran.
  4. Siapa saja narasumber yang ingin Anda hadirkan :
  5. Kapan proses pembinaan ini akan dilaksanakan, buatlah jadwalnya.

5. Cinta dan kasih sayang

Mitra juga butuh perhatian. Bisa menjadi nilai tambah jika Anda bisa dekat secara personal kepada mitra. Terutama, para Mitra dengan penjualan yang baik. Anda bisa melakukan ini sendiri ataupun menugaskan tim untuk menjalankannya. Menyapa via chat secara berkala. Namun tidak membahas bisnis.

Memberikan hadiah kejutan. Berkunjung ke rumah mereka jika memungkinkan. Memberikan bonus dadakan yang diberikan langsung di dalam paket saat mereka order produk. Menyelenggarakan family gathering secara berkala.
Maka, tugas yang harus Anda lakukan sekarang adalah :

  1. Membuat database yang baik untuk mencatat penjualan mitra. Sehingga Anda bisa melihat siapa saja yang penjualannya bagus dan berpotensi mencapai target.
  2. Memberikan SOP (Standard Operating Procedure) kepada tim untuk melakukan chat secara personal untuk silaturahim. Termasuk juga jadwalnya secara berkala.
  3. Menentukan anggaran untuk hadiah kejutan yang akan diberikan.
  4. Survey mengenai hadiah apa yang disukai mereka. Berikan hadiah yang berguna dan memberikan kesan baik bagi mereka.
  5. Dari data Mitra, Anda bisa melihat, siapa saja yang masih memungkinkan terjangkau untuk Anda kunjungi rumahnya.
  6. Tentukan anggaran untuk penyelenggaraan Family Gathering.
  7. Buatlah konsep acara untuk Family Gathering. Termasuk “goal” apa yang ingin Anda capai setelah penyelenggaran acara tersebut. Bisa juga diselipi acara pembinaan berupa seminar atau workshop mengenai ilmu internet marketing.
  8. Survey lokasi acara yang nyaman dan sesuai dengan anggaran dana yang Anda miliki serta cocok untuk konsep acara yang Anda inginkan.
  9. Perkiraan jadwal acara.
  10. Persiapan untuk pelaksanaan acara.

6. Program promo bersama

5+ Cara Merekrut Reseller Via Online

Strategi pemasaran reseller

Bisa sesekali Anda sebagai supplier atau produsen membuat program diskon bersama. Misalnya untuk retail/ecer mendapat diskon 20%. Berarti Anda memberikan tambahan kepada nitra sehingga mereka tetap ada margin walaupun menjual dengan diskon ke konsumennya.

Misalnya diskon ke end user 20%. Kita jual ke Mitra dengan tambahan diskon +10% dari diskon standar yang sudah kita berikan kepada mereka. Kenapa end user dapet 20% tetapi kita memberikan tambahan diskon ke mitra hanya 10%. Ya namanya juga promo bersama.

Jadi merekapun ikut mengorbankan 10% dari diskon yang mereka miliki. Dengan program diskon bersama ini bisa mempercepat penjualan terutama untuk menghabiskan produk yang slow moving. Daripada hanya menumpuk di gudang dan berdebu, lebih baik kita jual saja.

Selain program diskon dengan metode potongan harga. Anda bisa menerapkan konsep “Pembelian dengan Pembelian”. Misalnya Beli produk A, dapat produk B gratis ataupun dengan harga khusus. Sudah mulai muncul ide-ide?. Paling penting barang di gudang kita ataupun mitra bisa mencair menjadi rupiah. So, sekarang tugas lagi buat Anda.

  1. Cek gudang, produk apa saja yang bisa digunakan untuk promo.
  2. Buatlah konsep Program Promo Bersama.

Baca Juga : Sistem Cara Jitu Menarik Reseller Yang Baik

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5+ Cara Merekrut Reseller Via Online, dimana Anda telah mengetahui cara membuat sistem reseller yang bisa diterapkan di bisnis Anda. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *