5 Materi Cara Membina Reseller Supaya Loyal

By | September 20, 2019

Fachri Aja, 5 Materi Cara Membina Reseller Supaya Loyal | Apakah Anda tahu tentang materi cara membina reseller?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang materi cara membina reseller yang menguntungkan. Pentingnya reseller / dropshipper/ marketer tidak bisa dipandang remeh dalam sebuah bisnis. Bisa dikatakan, mereka merupakan tim penjualan yang bisa diandalkan jika benar-benar kita bina dan kita rawat.. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai materi cara membina reseller secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Membangun Pasukan Dengan 5 Materi Cara Membina Reseller Supaya Loyal

5 Materi Cara Membina Reseller Supaya Loyal

5 Materi Cara Membina Reseller Supaya Loyal

Anda harus memahami cara mengelola reseller. Tidak ada Mitra yang akan seumur hidup bersama Anda. Ya, walaupun ada kemungkinannya meski hanya 1%. Ini menjadi catatan penting karena jika mereka merasa kurang puas biasanya akan membuka usaha sejenis. Kalau usaha Anda sudah besar biasanya hal itu tidak terlalu mengkhawatirkan. Apa saja yang menyebabkan mereka tidak lagi mau menjual produk Anda lagi?

1. Awal bergabung hanya iseng, mau coba-coba jualan

Karena iseng, jadi ya kadang jualan, kadang tidak. Hingga akhirnya dia jenuh, ya sudah tidak jualan lagi. Tipe orang seperti ini biasanya secara ekonomi sudah cukup, jadi dia tidak terlalu butuh penghasilan tambahan.

2. Mendaftar jadi mitra untuk mendapat diskon pribadi

Orang seperti ini memang tidak niat menjual produk Anda. Dia hanya ingin mendapat diskon untuk konsumsi pribadi. Jadi, ketika kebutuhan pribadinya sudah cukup, ya dia tidak akan menjual lagi produk Anda.

3. Terpincut supplier lain

Ternyata tetangga menawarkan cinta dan kasih sayang yang lebih banyak. Jadilah mitra kita beralih ke produk sebelah. Ya, kita tidak boleh ngambek juga. Hak mereka untuk mau menjual produk siapapun. Tidak boleh menghambat rezeki orang lain.

4. Mitra naik kelas menjadi produsen

Kita harus berlapang dada, ketika kita menemukan mitra yang dulu penjualannya bagus, lalu lama-lama menurun. Setelah di selidiki, dia ternyata launching brand sendiri. Ada diantara mereka yang langsung mau fokus dengan brandnya sendiri, lalu melepas semua penjualan produk orang lain.

Ada yang masih tetap menjual produk orang lain sambil membesarkan brandnya, namun tetap dia tidak bisa fokus dan besar penjualan produk lainnya alias produk kita.

5. Resign dari dunia bisnis online

Lah apa benar ada orang yang resign dari olshop?. Ya ada aja. Misalnya, dia sudah tidak lagi sanggup jualan, karena baru saja melahirkan anak ke-5. Makin banyak anaknya, makin repot dia. Ditambah lagi tidak punya asisten rumah tangga. Tidak keurus pasti jualannya. Kecuali dia sudah memiliki tim/karyawan untuk membantunya menjalankan bisnis online.

Dari 5 realita di atas, membuka mata kita bahwa tidak ada Mitra yang abadi. Oleh karena itu, tugas Anda selain membina mereka (ikhtiar berharap mereka bisa memberikan loyalitas terhadap kita), Anda pun harus mencari Mitra baru. Ya hukum alam saja, ada yang datang, ada yang pergi.

Tugas Anda Sekarang :

  1. Bagaimana caranya supaya mudah mencari Mitra baru?. Tawarkan semua benefit. Seperti yang saya jabarkan di modul tentang cara membuat Mitra aktif berjualan.
  2. Buatlah starter pack (pembelian awal) yang murah, sehingga banyak Mitra yang mau bergabung.
  3. Jangan terlalu memberatkan Mitra dengan target pencapaian yang terlalu tinggi. Jika tidak mencapai maka akan kena punishment dan lain sebagainya.
  4. Target penjualan yang akan Anda berikan ke Mitra.
  5. Perluas jaringan Anda untuk bisa mengenal banyak orang, yang bisa menjadi mereka adalah calon Mitra Anda.
  6. Optimasikan iklan menggunakan cara organik maupun berbayar.
  7. Tingkatkan BRANDING!. Dengan semakin terkenalnya produk Anda, akan semakin mudah juga menjualnya, sehingga semakin banyak pula Mitra yang mau bergabung dengan sendirinya.

Baca Juga: 5+ Cara Merekrut Reseller Via Online Untuk Bisnis Anda

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Materi Cara Membina Reseller Supaya Loyal, dimana Anda bisa langsung praktekkan manajemen reseller dengan tugas yang telah diberikan diatas. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bisnis berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *