Ini Ciri-Ciri Investasi Bodong dan Cara Mengatasinya

By | Januari 23, 2020
0
(0)

Fachri Aja – Ini ciri ciri investasi bodong dan cara mengatasinya | Jika Anda merupakan salah satu pelaku investasi artikel ini akan sangat membantu Anda dalam mengenali. Apakah investasi Anda saat ini aman atau tidak? Banyak nya kasus penipuan investasi bodong menyebabkan banyak orang merasa enggan berinvestasi. Oleh karena itu, Mari mengenali ciri ciri investasi bodong dan cara mengatasinya.

Banyaknya keinginan orang yang ingin berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan. Ada pula yang sekarang juga bermunculan Investasi Emas Online Terbaik. Terkadang dimanfaatkan oleh oknum investasi bodong yang tidak bertanggung jawab. Bukannya mendapat untung malah buntug. Itulah akibat jika Anda terlibat dengan investasi bodong. Nah, Supaya Anda tidak salah berinvestasi mari kenali ciri ciri investasi bodong dan cara mengatasinya.

Ciri Ciri Investasi Bodong dan Cara Mengatasinya yang Wajib Anda Ketahui

Dalam artikel ini akan membahas ciri ciri investasi bodong dasar. Yang bisa Anda nilai sendiri jika Anda tengah menjumpai nya. Semoga dengan bertambahnya informasi untuk Anda akan menghindarkan kemungkinan untuk Anda salah tempat dalam mempercayakan dana investasi Anda. Mari simak ciri ciri investasi bodong dan cara mengatasinya di bwah ini.

[MENGENAL] Ciri Ciri Investasi Bodong dan Cara Mengatasinya

Ciri Ciri Investasi Bodong dan Cara Mengatasinya

1. Ketidakjelasan badan hukum

Lebih teliti sebelum berinvestasi di lembaga keuangan. Sebuah lembaga keuangan yang resmi pasti dinaungi oleh sebuah badan hukum. Anda harus patut curiga bila lembaga keuangan tempat Anda akan berinvestasi tidak jelas badan hukumnya apalagi jika tidak ada badan hukum. Termasuk juga di dalamnya izin usaha yang resmi dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Salah satu contoh lembaga keuangan yang berfokus pada investasi yang legal adalah Qazwa. Perusahaan fintech syariah dengan model P2P Lending yang satu ini sudah memiliki izin resmi dari OJK. Sehingga saat Anda ingin melkaukan investasi di tempat ini maka Anda tidak perlu khawatir jika uang investasi Anda hilang ataupun dibawa lari.

2. Menawarkan keuntungan dengan resiko kecil

Dalam sebuah konsep investasi dikenal istilah high risk high return, Yang artinya semakin tinggi risiko yang akan ditanggung investor maka semakin besar return yang akan dihasilkan. Sedangakan dalam investasi bodong konsep seperti ini tidak akan berlaku. Karena Anda akan ditawarkan sebuah keuntungan yang tinggi dengan risiko yang sangat kecil bahkan tanpa risiko. Hal ini sengaja ditawarkan kepada Anda agar tertarik dengan tempat investasi bodong tersebut.

Jika Anda menemui jenis investasi serupa, Lebih baik Anda waspada bahkan patut untuk menghindari. Jangan sampai dengan sedikitnya pertimbangan yang dilakukan saat memilih tempat investasi. Malah akan membuat Anda melakukan investasi dengan investasi bodong yang merugikan.

3. Tidak ada produk yang ditawarkan

Setiap investasi pastinya memiliki produk yang ditawarkan. Misalnya jika Anda melakukan investasi di pasar saham maka produk yang ditawarkan adalah kepemilikan perusahaan yang jelas, Begitupula ketika Anda melakukan investasi di sukuk. Nah, Ketika Anda menemui investasi yang tidak menawarkan produk di dalamnya maka dapat dipastikan jika itu merupakan ciri ciri investasi bodong. Dalam investasi istilahnya sering disebut money game. Yakni sebuah sistem investasi dimana Anda tidak ditawarkan produk. Melainkan hanya iming-iming impian yang tidak jelas darimana asalnya.

Biasanya sistem yang digunakan adalah sistem multilevel marketing (MLM). Jadi orang yang berinvestasi sebagai member akan diminta untuk mencari orang lagi. Kemudian setiap orang yang dibawa dan menjadi member maka yang membawanya akan mendapatkan bonus, begitu seterusnya. Dari sini hal yang mengganjal adalah ketiadaan produk yang diberikan. Bonus diberikan berdasarkan orang yang dibawa. Uang akan diputar terus oleh pihak investasi bodong hingga akhirnya uang cukup untuk dibawa kabur. Inilah yang dimaksud praktik money game.

1. Jangan langsung setuju

Ciri ciri investasi bodong seperti yang sudah Anda ketahui diatas. Penawaran yang menggiurkan pastinya akan membat Anda tertarik untuk langsung setuju melakukan investasi. Jadi jika Anda dibeikan penawaran pastikan penawaran yang dilakukan masuk akan dan dari lembaga yang jelas. Karena konsep high risk high return pasti akan selalu ada disetiap kegiatan investasi.

2. Cek dokumentasi perizinan lembaga

Sebuah lembaga investasi yang legal pastinya memiliki surat ijin yang jelas. Jadi, Jika Anda hendak melakukan investasi melalu lembaga yang akan Anda percaya pastikan perusahaan tersebut memiliki ijin usaha dan berbadan hukum. Sehingga dan yang Anda investasikan akan lebih aman.

Baca Juga : 5+ Jenis Investasi Jangka Panjang Menguntungkan Profit Besar

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang ciri ciri investasi bodong dan cara mengatasinya. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel investasi berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *