10 Peluang Usaha di Pedesaan yang Menguntungkan

By | Januari 8, 2020
5
(1)

Fachri Aja, 10 Peluang Usaha di Pedesaan yang Menguntungkan | Apakah Anda saat ini tinggal di wilayah pedesaan dan ingin memulai peluang usaha di pedesaan ? Jika iya, Artikel ini akan sangat membantu Anda dalam pencarian solusi peluang usaha di pedesaan yang menjanjikan. Saat ini ada banyak peluang usaha di pedesaan yang bisa Anda coba. Yang pastinya juga sangat cocok untuk diterapkan di wilayah tempat tingga Anda.

Perkembangan teknologi komunikasi saat ini adalah salah satu kekuatan yang dapat menciptakan banyak peluang usaha di pedesaan. Teknologi juga mmbuat Anda yang tinggal di wilayah pedesaan tidak lagi ketinggalan dari kota.

Peluang Usaha di Pedesaan Yang Menjanjikan Untuk Pemula

10 Peluang Usaha di Pedesaan yang Menguntungkan

10 Peluang Usaha di Pedesaan yang Menguntungkan

Ada beberapa jenis usaha yang bisa dikembangkan. Dengan mengandalkan pasar lokal yakni kawasan desa tempat Anda tinggal. Pendapatan model usaha seperti ini berasal dari konsumen yang datang langsung kerumah Anda untuk melakukan pembelian produk.

Kepercayaan pelanggan adalah landasan yang penting, dan harus Anda jaga. Karena sebagian pembeli Anda nantinya adalah orang-orang yang Anda kenal. Pastikan kualitas produk yang Anda jual terkenal baik agar tidak memiliki kemungkinan gulung tikar. Nah, Ini dia 10 Peluang Usaha di Pedesaan yang Anda perlu tahu.

1. Jasa potong rambut dan perawatan tubuh

Apakah Anda ingat? dulu jika Anda pergi ke tempat pangkas rambut maka Anda akan ditawari pilihan model rambut dari poster yang memuat berbagai gaya rambut andalan pria masa itu. Nah, sekarang gambar seperti itu sudah tidak menarik diterapkan. Karena saat ini banyak model rambut yang lebih banyak dan bermacam-macam. Dengan begitu meskipun ada peluang usaha di pedesaan seperti ini. Anda harus bisa mengimbangi dengan informasi yang ada.

Khususnya bagi para anak muda kekinian, Potongan rambut saat ini tidak cukup jika hanya dengan potongan yang rapi atau standar. Karena saat ini mereka akan datang dengan model yang sudah mereka inginkan, Yang pastinya bersumber dari internet yang disimpan di hp nya.

Semua orang saat ini sangat yakin dan percaya, Bahwa model rambut memiliki pengaruh besar dalam penampilan mereka. Ini belum termasuk model pewarnaan rambut yang beraneka warna.

Bagi perempuan, ada lebih banyak urusan lagi yang berhubungan dengan rambut ini. Banyak layanan jasa yang bisa diberikan mulai dari creambath hingga perawatan kulit wajah dan sebagainya. Berbagai layanan ini sekarang sangat dibutuhkan warga desa dan termasuk peluang usaha rumahan di desa yang cukup jitu untuk mengeruk rupiah.

2. Jasa menjahit

Bidang fashion adalah jenis usaha yang pasti tidak ada matinya, Termasuk juga usaha yang berhubungan dengan pakaian. Karena saat ini semua orang ingin tampil memukau di mata orang lain. Berbeda dengan dulu, pakaian bagi orang-orang saat bukan hanya sekedar lembaran kain penutup tubuh untuk memenuhi etika. Melainkan menjadi estetika berpenampilan yang menunjukkan kelas sosial pemakainya.

Masalahnya, bagi banyak warga desa, Untuk bisa mendapatkan pakaian baru bukan persoalan mudah karena jarak yang jauh dari kota dan harga yang tinggi jika mereka harus selalu membeli di kota. Maka menggunakan jasa jahit pakaian adalah cara yang bisa menjawab dua persoalan itu. 

Belum lagi bagi orang yang badannya terlalu gemuk atau terlalu kurus. Maka membuka jasa menjahit menjadi peluang usaha di pedesaan yang layak Anda kembangkan. Karena jasa ini benar-benar berdasar kemampuan personal seorang penjahit sehingga penjahit yang piawai membuat potongan pakaian yang bagus akan membuat Anda kebanjiran orderan.

3. Usaha di bidang makanan

Anda suka meracik bumbu di rumah? Dan racikan Anda sangat dinikmati oleh keluarga dan saudara karena rasanya yang enak? Jika iya ada baiknya Anda mulai memikirkan peluang usaha di pedesaan yang satu ini. yaitu kuliner.

Usaha seperti tidak akan ada matinya, Dan bisa dikembangkan dimanapun. Jika Anda malah ahli dalam menu masakan khas desa Anda. Mulailah menyiapkan semua bahan dan mulai membuka usaha. Tidak perlu menyewa kios dipinggir jalan. Karena di pedesaan pemasaran yang paling handal adalah melalui “kekuatan mulut” .

4. Jasa pembuatan mebel

Peluang usaha di pedesaan yang saat ini sangat dibutuhkan adalah jasa pembuatan berbagai perkakas rumah tangga seperti kursi, tempa tidur, lemari, jendela dan kusen. Termasuk juga jasa untuk perbaikan nya. Karena tidak semua orang desa dapat membuat atau melakukan perbaikan seperti ini.

Anda tidak perlu mengerjakan semua pekerjaan sendiri melainkan juga dapat mempekerjakan orang lain yang memiliki keahlian memotong, menyerit dan kemampuan tukang kayu pada umumnya. Sementara Anda bisa fokus unutk mencari pemesan, mengumpulkan disain dan mencari bahan baku yang murah.

Kenapa usaha ini menarik? Karena berbagai produk yang berbahan kayu yang banyak dijual di kota-kota sebagian besar dikerjakan orang-orang di desa. Jadi, mengapa harus ke kota untuk membeli perkakas rumah tangga jika bisa mendapatkan nya langsung dari produsen nya.

5. Jasa desain dan percetakan

Jasa Desain Cetak

Jasa Desain Cetak

Kebutuhan orang teradap jasa desain dan percetakan sangat banyak dicari. Mulai dari spanduk, papan nama toko, emblem dan sebagainya. Itulah alasan mengapa jasa desain dan percetakan merupakan peluang usaha di pedesaan yang bisa Anda coba.

Jasa seperti ini bisa Anda kembangkan pada jasa peulisan, printing, dan fotokopi juga. Karena saat ini banyak sekolah di desa yang juga sudah menuntut tugas dalam bentuk printing dan riset di internet. Keuntungan lain adalah kemampuan menciptakan desain Anda dapat dimanfaatkan dengan baik. Anda juga dapat belajar secara otodidak. Syaratnya hanya anda harus memiliki modal untuk membeli peralatan seperti komputer, laptop, dan mesin cetak.

Simak Juga: 10 Rekomendasi Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Kost

6. Warung sembako

Yang satu ini sudah terbukti sangat menguntungkan. Warung sembako yang menyediakan kebutuhan sehari-hari. Ketersediaan barang yang beragam dan harga yang terjangkau adalah salah satu kuncu keberhasilan dalam pelang usaha di pedesaan satu ini.

Maka dari itu, Anda harus pintar mencari toko grosir alias tempat kulak yang murah. Meski usaha seperti ini tidak cepat menghasilkan laba besar dan cepat. Tapi keuntungan nya adalah memiliki cash flow yang tinggi sehingga Anda tidak perlu merasa kelaparan.

Selain itu, Anda harus memberikan sistem pelayanan yang baik hinga para pembeli Anda yang kebanyakan adalah tetangga pasti akan terus datang. Jangan sampai karena pelayanan yang buruk malah mengakibatkan Anda memiliki kemungkinan gulung tikar.

7. Berternak lele

Nah inilah peluang usaha di pedesaan yang selanjutnya. Dalam usaha ini Anda dapat memilih dua pilihan. Pertama, beternak khusus pembibitan lele. Kedua, memlihara lele untuk dibesarkan dan dikonsusmsi.

Pilihan pertama artinya anda hanya perlu berfokus untuk memelihara induk lele agar bisa bertelur dan menghasilkan bibit. Yang kemudian nantinya dijual. Ditambah lagi Anda tidak perlu repot menjual karena peternak lele yang akan menghampiri Anda.

Pilihan kedua artinya anda memelihara lele untuk dibesarkan untuk siap dikonsumsi. Anda harus menyiapkan beberapa kolam khusus di sekitar rumah Anda. Keunggulan lele adalah, termasuk jenis ikan yang bisa hidup di segala kondisi air.

8. Beternak ayam kampung

Beternak ayam kampung

Beternak ayam kampung

Beternak ayam kampung adalah peluang usaha di pedesaan yang cukup banyak dilirik. Apalagi jika Anda memiliki lahan yang lumayan luas. Anda bisa memanfaatkan nya sebagai kandang ayam dan mulai beternak. Ayam kampung meimiki kualitas daging yang banyak diminati. Dan tidak tergantikan oleh ayam potong.

Kualitas nutrisi ayam kampung membuat konsusmsi ayam kampung tidak pernah berhenti hingga saat ini. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir masalah penjualan. Ditambah lagi, hanya orang desa yang sangat potensial dalam mengembangkan usaha ini. 

9. Beternak jamur tiram

Anda ingin memiliki pendapatan harian? Bertani jamur tiram adalah peluang usaha di pedesaan yang sangat strategis. Apalagi usaha ini bisa dimulai dengan modal kecil. Bahan baku yang dibutuhkan untuk media penanaman juga banyak tersedia di desa. misalnya serbuk kayu, kapur, dedak, dan sebagainya.

perlengkapan lain yang dibutuhkan adalah drum bekas dan plastik untuk menanak log. Keuntungan nya adalah kebanyakan rumah di desa biasanya memiliki ukuran yang luas. Sehingga dapat menyimpan ratusan hingga ribuan log. Anda juga dapat belajar mengenai bahan, proses, hingga cara memasarkan nya dari internet atau bertanya pada yang berpengalaman.

10. Pertanian organik

Kenapa harus dijual dikota? Karena permintaan nya cukup tinggi. Lalu apa orang desa tidak menyukainya? bukannya tidak suka. Melainkan karena terlalu seringnya orang desa menkonsumsinya. Dibandingkan di kota yang tidak memiliki kesuburan desa yang baik dan masih besar kemungkinan terkontaminasi bahan kimia.

Itu alasan mengapa jika pertaniam organik memiliki peluang usaha di pedesaan. Tapi target konsumen Anda adalah di kota. Untuk masalah pemasaran Anda bisa memanfaatkan internet kemudian dapat melakukan kerjasama dengan beberapa toko yang ada di kota untuk menitipkan produk Anda.

Baca Juga :  10 Peluang Usaha Untuk Pemula Yang Bisa Anda Coba

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 10 Peluang Usaha di Pedesaan yang Menguntungkan. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bisnis berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *