10 Peluang Usaha Untuk Pemula Yang Bisa Anda Coba

By | Januari 2, 2020
5
(1)

Fachri Aja, 10 Peluang Usaha Untuk Pemula Yang Bisa Anda Coba | Apakah Anda tahu tentang peluang usaha untuk pemula?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang peluang usaha untuk pemula modal kecil untuk jangka panjang. Peluang usaha untuk pemula umumnya usaha yang tidak membutuhkan modal besar atau keahlian khusus. Bukan pula usaha yang butuh sistem manajemen yang rumit. Dikarenakan, pengusaha pemula belum memiliki pengalaman soal bisnis. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai peluang usaha untuk pemulasecara jelas dan lengkap dibawah ini.

Lalu peluang usaha apa saja yang sangat cocok untuk pemula ?

10 Peluang Usaha Untuk Pemula Yang Bisa Anda Coba

10 Peluang Usaha Untuk Pemula Yang Bisa Anda Coba

Bagi sebagian besar Anda sebagai para pemula bisnis, mungkin cukup sulit untuk dapat menentukan bidang usaha yang ingin dijalankan. Kenapa ? karena adanya keterbatasan pengalaman yang tentunya membuat kekhawatiran tersendiri akan kemungkinan terjadinya berbagai hal yang buruk pada usahanya cukup besar.

Selain itu bagi sebagaian besar Anda sebagai pemula, Modal atau investasi awal juga mungkin menjadi kendala. Seringkali karena adanya keterbatasan ini Anda berpaling dan menyerah bahkan sebelum usahanya di mulai. Memang untuk tahap perkenalan bagi pemula ada baiknya jika kita pilih peluang usaha yang tidak terlampau rumit dan juga dapat di lakukan dengan modal kecil dalam menjalankannya.

1. Bisnis dropshipper

Anda pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan kata Dropshipper. Pastinya iya karena kata ini sangat sering kita temui saat melakukan check out pada marketplace. Dropship ini adalah kegiatan menjualkan produk orang lain dengan selisih harga yang kita tentukan. Yang kemudian nantinya akan menjadi keuntungan.

Sederhana nya adalah Anda sebagai dropshipper mencari produk jualannya di internet. Lalu menawarkannya kepada rekan dan teman-teman Anda baik di wilayah sekitar ataupun media sosial. Saat ada order yang masuk. Anda hanya perlu menunggu pembeli Anda melakukan transfer ke rekening Anda.

Selanjutnya Anda melakukan pembelian ke supplier Anda sehingga supplier Anda dapat mengirimkan ke pembeli Anda atas nama Anda sebagai pengirim nya. Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar memulai bisnis. Selain tidak perlu mengeluarkan modal, Anda dapat belajar bagaimana alur dalam penjualan.

2. Bisnis agen ekspedisi

Ekspedisi saat ini semakin dikenal seiring dengan semakin pesatnya trend berbelanja online yang ada di Indonesia. Konsumen utama yang biasanya menggunakan jasa ekspedisi ini adalah para pedagang online untuk mengirimkan produk nya sampai ke tangan pelanggan.

Untuk memulai bisnis ekspedisi ini cukup mudah. Bahkan menjalankannya dapat di lakukan oleh siapa saja termasuk Anda yang masih pemula. Cukup hanya dengan memberikan penawaran kepada pihak ekspedisi pusat bahwa Anda memiliki tempat yang potensial. Selanjutnya pihak pusat akan melakukan survey layak tidaknya tempat tersebut di jadikan kantor perwakilannya.

Jika penawaran Anda disetujui Anda tinggal mempersiapkan sejumlah modal. Dan bisnis Anda dapat mulai berjalan. Bisnis seperti ini juga sangat menjanjikan. Ditambah jika Anda konsisten unutk memperkenalkan bisnis Anda ke banyak orang. Patikan orang-orang disekitar Anda mengetahui letak usaha Anda.

3. Bisnis pickup barang

Jika Anda memiliki kendaraan angkutan semacam mobil pick up. Anda bisa memanfaatkan nya untuk dijadikan modal menjalankan jasa angkutan barang. Di perkotaan saat ini juga cukup di butuhkan. Misalnya saat membeli produk yang besar, sedang pindahan, renovasi, dan sebagainya.

Jasa seperti ini juga sangat di butuhkan juga oleh para pemilik toko seperti toko besi, furniture dan sebagainya, yang kekurangan dengan armada pengirimannya sendiri. Sehingga membutuhkan jasa tambahan untuk mengirimkan produknya sampai ke tangan customer.

4. Bisnis laundry

10 Peluang Usaha Untuk Pemula Yang Bisa Anda Coba

10 Peluang Usaha Untuk Pemula Yang Bisa Anda Coba

Anda memiliki sedikit modal dan lokasi strategis? Jika iya Anda bisa melirik usaha laundry. Jasanya banyak di butuhkan mulai dari rumah rumah tangga hingga yang paling banyak adalah para penghuni kos-kosan. Selain target konsumen nya yang sangat tinggi. Jasa laundry juga di butuhkan secara rutin bahkan bisa setiap hari.

Modalnya tidak besar, dan masih berada di skala menengah ke bawah. Tingkat kesulitan menjalankannya pun terbilang sederhana sehingga bisa di pilih sebagai peluang usaha untuk pemula. Kuncinya adalah lokasi laundry Anda yang harus strategis dan pelayanan yang maksimal kepada konsumennya. Dengan demikian usaha ini pun akan bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Simak Juga: 15 Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Untuk Pemula

5. Bisnis kuliner

Bisnis kuliner saat ini juga menjadi salah satu bisnis yang bisa diandalkan untuk dapat memperoleh keuntungan yang lumayan. Sekaligus juga mudah di jalankan untuk Anda yang pemula, Satu lagi, modal yang di perlukan untuk memulainya juga tidak terlalu besar.

Jadi ? Semua kriteria yang penting untuk pemula sudah ada pada usaha bidang kuliner ini. Tinggal bagaimana Anda menyesuaikan dengan minat dan keterampilan dalam proses pembuatan nya. Misalnya berjualan ayam geprek yang saat ini banyak diminati oleh segala usia. Jangan lupa untuk menambahkan juga menu minuman agar pelanggan Anda dapat membelinya.

6. Bisnis warung

Apakah terdengar seperti bisnis yang biasa saja? Memang. Tapi jangan salah, bisnis warung sangat cocok untuk Anda yang pemula. Ditambah bisnis ini dapat menjadi ajang perkenalan yang pas untuk Anda. Tentang bagaimana berhadapan dengan para pembeli, Mempelajari karakter pembeli, Dan bagaimana cara yang baik dalam memberikan pelayanan.

Semua hal itu dapat anda pelajari dari level yang paling mudah dulu. Anda bisa memulai membuka warung kecil-kecilan di wilayah sekitar tempat tinggal Anda. Jangan anggap remeh, bisnis warung menjual aneka keperluan sehari-hari dengan skala yang besar dan grosiran. Omset nya bahkan bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta perharinya.

7. Bisnis makanan ringan

10 Peluang Usaha Untuk Pemula Yang Bisa Anda Coba

10 Peluang Usaha Untuk Pemula Yang Bisa Anda Coba

Jika Anda merasa tidak memiliki tempat yang strategis. Anda bisa mencoba bisnis makanan ringan atau camilan. Bisnis ini bahkan bisa Anda jalankan hanya dari rumah saja. Sangat cocok sebagai usaha untuk pemula seperti Anda.

Bagaimana menjualnya? Anda bisa menitipkan produk Anda dan mencoba mengembangkan nama produk Anda menggunakan media sosial. Bisnis seperti ini sudah sangat banyak dijalankan. Jadi pastikan Anda dapat menciptakan ciri khas produk Anda. Agar bisa bersaing dengan produk lain dipasaran.

8. Bisnis fotocopy

Anda memiliki tempat yang berada di sekitar sekolahan, kampus, perkantoran, dan sejenisnya? Jika iya, Anda bisa manfaatkan itu untuk menjalankan usaha fotocopy dan toko alat tulis. Cara menjalankannya mudah. Serta target konsumen nya yang potensial di sekitar wilayah yang sudah Anda miliki.

Modal sedikit tidak jadi masalah, karena saat ini mesin fotocopy memang berharga cukup mahal. Namun ada jalan lain untuk memilikinya yaitu dengan menyewa mesin fotocopy untuk awal menjalankan nya. Keuntungannya selain modal yang kita keluarkan menjadi tidak begitu besar, pemeliharaan mesin juga bukan menjadi tanggung jawab kita.

9. Bisnis aksesoris HP

Pengguna HP saat ini semakin banyak. Itulah salah satu alasan bisnis aksesoris HP cukup menjanjikan. Kebutuhan aksesoris termasuk sparepart secara otomatis juga ikut meningkat. Anda bisa menjual produk seperi charger, casing, baterai, antigores, dan sebagainya.

Jenis produk yang Anda jual tidak akan basi sehingga resiko kerugian sangat kecil. Untuk memulainya Anda hanya harus berusaha mencari informasi distributor yang menawarkan harga paling murah. Dan Anda bisa mulai menjalankan bisnis Anda.

10. Bisnis budidaya ikan

Bisnis budaya ikan juga sangat cocok untuk pemula. Ditambah jika Anda memiliki lahan kosong didepan atau belakan rumah. Tidak perlu susah susah, Anda bisa memulai dengan budidaya ikan lele yang mudah dipelihara dan cepat dewasa. Pakan nya pun tidak terlalu mahal dan terjangkau.

Memanfaatkan bak yang dibuat dari semen dan diberi air. Anda juga tidak perlu meguras secara rutin. Karena lumut juga bisa menjadi pakan alami untuk ikan lele Anda. Keuntungan yang dihasilkan setiap kali panen juga tidak sedikit. Jadi bisa Anda coba.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Untuk UKM

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 10 Peluang Usaha Untuk Pemula Yang Bisa Anda Coba. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bisnis berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *